Selasa, 14 Juni 2011

Misteri Arca Singa 1000 tahun di Malang, Hadiah Untuk Airlangga ?

Peninggalan Sejarah, Peninggalan Sejarah Hindu, Peninggalan Sejarah Di Indonesia
Peninggalan Sejarah, Peninggalan Sejarah Hindu, Peninggalan Sejarah Di Indonesia, Peninggalan Sejarah Hindu Budha, Arca Singa, Sejarah Arca Singa , Sejarah Arca Singa , Patung Arca, Patung Arca Di Indonesia, Patung Arca Bercorak Budha

Sebuah Arca yang hingga kini belum diketahui secara pasti dari zaman mana. Memang pasa saat saya sendiri datang ke lokasi, Arca tersebut masih terpendam tanah. Ditambah lagi tanah tempat arca tersebut terpendam adalah sebidang tanah persawahan milik warga sekitar lokasi. Untung pasa saat saya berkunjung ke lokasi, tanaman sudah dipanen sehingga bebas menikmati arca tersebut dari sudut manapun.

Biasanya, di tanah tersebut ditanami jagung, sehingga arca yang keadaannya sudah terpendam tanah ditambah tanaman jagung yang tinggi-tinngii semakin menutup arca tersebut dari dunia luar. Terbukti dengan sangat sedikitnya warga sekitar yang tahu tentang adanya sebuah arca di tempat tersebut. Untuk mencapai lokasi sebenarnya tidak sulit, hanya saja saya dan rekan saya, Nawi (bertindak sebagai kameraman) harus berputar-putar kampung dan bertanya pada hampir tiap orang yang kami jumpai, namun kabanyakan dari mereka malah tak tahu menahu. Akibatnya kami hanya di ombang-ambingkan tak jelas.

Dari data yang kami peroleh dari Balai Penyelamatan Benda Purba Mpu Purwa Malang, kami hanya mendapat lokasi Arca tersebut. Belum ada data resmi yang menyebutkan tentang historikal dari arca tersebut. Pihak balai sendiri yang dikonfirmasi sebelumnya juga manyatakan akan segera mengadakan penggalian pada Arca tersebut. Sebelumnya memang pernah akan diadakan penggalian, namun karena warga sekitar belum mengijinkan dengan alasan masih digunakan sebagai ritual.

Suatu paradoks yang saya temui disini. Jika warga sekitar tidak memperbolehkan arca tersebut di angkat untuk diselamatkan dan di rawat, sekali lagi dengan alasan untuk keperluan ritual. Tapi kanapa justru banyak dari warga sekitar itu sendiri yang tidak tahu menahu tentang keberadaan Arca tersebut ? mungkin satu alasan bisa dikemukakan, karena kabanyakan dari mereka adalah pendatang. Tapi mari kita lihat fenomena seorang Sakri, seorang lelaki tua yang lahir pada 1940 lalu, jauh sebelum negara kita merdeka. Ia memang asli dan lahir dikampung tersebut, tapi saat kami tanyai tentang Arca tersebut, ia tak tahu menahu. Hanya Arca itu memang terlihat seperti itu sejak ia masih kecil, wujudnya sama tak ada perubahan sedikitpun, tapi dibalik Arca tersebut, ia tak tahu sama sekali. Padahal ialah yang selama ini menggarap tanah yang didiami Arca tersebut.

Jika Anda ingin secara langsung mengunjungi Arca ini, silakan Anda ke Malang. Tepatnya di Dukuh Sempol Kelirahan Merjosari, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Malang ke arah barat/ arah ke Batu. Bisa juga di tempuh dengan angkutan Umum, dari terminal landung sari naik Lyn GML, turun perempatan Merjosari. Dari perempatan tersebut, turun dari Lyn Anda sudah menginjakkan kaki di dukuh Sempol dan kamudian Anda dapat melangkahkan kaki sekitar 100 meter dan menemui sebidang tanah sawah. Disanalah Arca tersebut masih terpendam. Atau jika Anda kebingungan bisa tanya pada warga sekitar. Bilang saja ingin melihat “patung singo”.

Dari jauh memang hanya terlihat pagar bambu yang membatasinya, pagar bambu yang sudah rapuh. Memang letaknya yang ditengah sawah, arca ini tidak terlihat dari jalanan, padahala jalan umum hanya sekitar 50 meter darinya. Karena masih terpendam, Arca ini hanya bagian kepalanya saja yang terlihat di permukaan. Saat berada ditempat, jangan berharap akan ada Guide yang mendampingin Anda dan menjelaskan banyak tentang Arca tersebut. Sekali lagi Arca terletak di pedukuhan, di persawahan dan sepi. Setidaknya Anda mendapat literatur terlebih dahulu.

Semoga Arca tersebut dapat segera diangkat dan dirawat oleh ahlinya. Karena banyak sudah kerusakan oleh alam yang dialami Arca tersebut. Mulai dari pengeroposan dan banyaknya lumut yang tumbuh. Belum lagi ukiran-ukiran yang mulai merapuh dan tak berbentuk lagi seindah aslinya.

Foto koleksi Dedi. Diposkan di deroom pada 14 Agustus 2008

Perkembangan yang kami dapatkan terbaru 2 Februari 2017, Arca ini sudah di escavasi dan sekarang disimpan di Museum Mpu Purwa, juga di Kota Malang yang terletak tak jauh dari lokasi. Memang, Malang sangar era kaitannya dengan Singa. Seakan sudah mendarah daging dalam baik dalam batin masyarakatnya bahkan budayanya. Dikatakan, Prabu Airlangga pernah mendapat hadiah Arca Singa dari kerajaan Kanjuruhan saat dinobatkan menjadi Raja. Apakah Arca Singa tersebut adalah Arca ini ?

Berikut rangkuman kami dalam bentuk video :


0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar