Jumat, 17 Juni 2011

Blukutug: Minyak....Minyak...Minyak

Minyak - Minyak Warung, Mak Jaikem ditepian jalan, dibawah pohon besar dan rindang yang usianya tak kurang dari 100 tahun. Orang kampung bilang pohon itu ada penunggunya, jadinya itu pohon kuat banget biar angin, hujan deras bahkan banjir tak robih, rapuh tidak. Ya jelas saja ada penunggunya, yang jelas ya mbok Jaikem itu penunggunya yang sudah puluhan tahun buka warung disana. Kali ini, 

Rofiq terhuyung-huyung menuju warung mak Jaikem, hari ini memang cuaca sangat dingin, matahari tak menunjukan panasnya seharian dan gerimis juga tak henti-hentinya. Kayak hidup di Inggris aja dengan saljunya, lah…..ini the bukan Inggris.

Mak Jaikem : “Lhakok njanur gunung kemulan sarung ?” Menyapa Rofiq yang menutupi hampir seluruh tubuhnya dengan sarung kotak-kotak kesayangannya yang sudah lumayan usang dimakan usia.
Rofiq : “Lha uademe koyo ngene mak, wez gawekne kopi.”
Musa :”Mak, kopi mak, seng puanas mantep….” Musa nyelonong masuk warung.” Mak Jaikem :”soko ngendi to lek, kok koyo awur-awur ora karoan….”
Musa :”Lha piye to Yu, bojoku njaluk aku ngantri LPG, wiwet awan nganti yah mene ora ono barang blass…”
Mak Jaikem :”Aku wae ora nganggo Lpg wez….” Mengulurkan kopi ke Musa.
Rofiq :”terus nganggo opo yu kuwi…”
Mak Jaikem :”Iki yo mung nganggo lengo gas, malah regane sak duwure langit…” Musa :”po ra rugu to yu…?”
Mak Jaikem :”wez emboh lek, butoh iku pawon iseh ngebul…”
Blung…blung..blung asap rokok dari mulut Musa melayang diudara membentuk lingkaran-lingkaran, lebih mirip lokomotif kereta Malang-Surabaya. Begitu juga Rofiq mengeluarkan rokok tingwe kesayangannya.
Rofiq :”Ancene kaet wingi ora ono LPG, opo maneh lengo gas yo wes dicabut…” menghisap rokok dalam-dalam.
Musa :”kudune pemrintah ki yo perhitungan, lha nek koyo ngene iki ancene rakyat ameh dipateni kabeh sajake”
Rofiq :”yo mesti wae pemerintah ikut perhitungan, sing pasti yo duwit seng mlebu kantongo iku sen di etung” Musa :”ancene podo ora genah kabeh…”
Mak Jaikem :”yo emboh kang, la wong penting sandang pangan murah kuwi loh rakyat wez lega, seneng, lha kok nganggo program aneh-aneh, malah rakyat podo ora karuan…” Rofiq :”lha yo ngono mak, soyo meneh lha nek lengomu iku mengko entek, rak ora isi ngopi warungmu mbok tutup”
Mak Jaikem :”yo ira tak tutuk ta kang, lha tak tutup oleh sandang pangan soko ngendi aku, sanajan mlarat neng aku yo ora gelem ngemis, ora bateh aku nyolong….”
Musa :”yo apek yu nek ngono…”
Rofiq :”Lha terus masak nganggo opo yu…?”
Musa :”ho alah Pek Ropek…..lha kok takon…”
Rofiq :”Heh jenengku Fiq, Rofiq…lha kok malah dadi Pek, Ropek..wooo ilatmu iku bundel…” Musa :”Juamput….” Mak Jaikem :”Yo embuh kang, karepku yo tuku areng yo muga-muga wae bakule ono”

Mak Jaikem menengok keluar arah jendela. Dijumpainya Rifai menuntun motornya, nampaknya ia baru pulang kuliah. Dipunggunya juga masih tercentel tas ransel besar, entah apa isinya. Semoja saja isisnya minyak tanah atau LPG biar bisa dibagi-bagi ke warga sekitar, oh andai saja…
Mak Jaikem :”Lho mas Fai kok dituntung kenapa?”
Rifai memang manusia impor dari daratan Kalimantan sana, jadi ya gak bisa bahasa Jawa, dia dalam rangka menuntut ilmu disini, kata orang Kalimantan menuntut ilmu diJawa itu bagus dan bergengsi..walah..walah…Nah akibatnya warga kampung yang pada katrok inipun coba-coba pakau bahasa Indonesia meski medoknya amit-amit. Maklum ini bahasa kebangsaan yang harus dilestarikan dan dikembang biakkan eh eh eh meang ternak kembang biak.

Rifai : “iya kehabisan bensin ini bu…mana POM semua pada tutup” Rifai menghentikan langkahnya tepat didepan warung.
Musa :”Lho mas sini loh mampir dulu…”
Rofiq :”kok tumben POM pada tutup….padahal POM kan gak ada pintunya….”menyambut Rifai yang masuk warung.
Rifai :”Maksudnya bensinnya habis pak Rofiq…”
Musa :”Pek, Ropek bensine iku entek, dudu lawange seng ditutup….”
Rofiq :”Fiq, Rofiq….woo dasar ilat bundel…”
Mak Jaikem :”mas Fai ini kan mahasiswa, kan bisa mas bilang ke orang atas sana kalo rakyat ini lagi susah ditambah susah…”
Rofiq :”mas, mas, mas yu,yu wes kempong yu wez kempong eling isih doyan waw karo brondong…”
Mak Jaikem :”Lha yok opo kang, lanang yo mas to…” menengok ke Rifai “itu loh mas pake demo-demo ato apa gitu loh…”
Rifai :”Udah sih bu, tapi yah mau gimana lagi kita udah capek-capek demo gak ada tanggapan dari pemetintah…malah pemerintah nuding BUMN peminyakan itu…” Musa :”Nuding gimana to mas, lha wong kemaren saya dengar dari perminyaka juga nyalahin pemerintah yang bikin program amburadul ini kok”
Rofiq :”Wah iki ciritane saling tuding…saling nyalahne, saling gak ngaku salahe dewe…”
Mak Jaikem :”Waduh, ngene ceritane yo’po rakyat tetep keno susahe…” R
ifai :”ya bisa dibilang gitu…”
Musa :”Terus, kapan mau kayak gini terus…mau makan saja susah, cari bahan buat kompor juga susah….”
Rofiq :”Seng ora susah yo ngemplang sirahmu kuwi Mus….”
Musa :”Juamput….” Mak Jaikem :”ya mas Rifai itu yang tahu, kan mahasiswa banyak tahu to mas…” genit amat ceh…
Rifai :”banyak tau apanya….yang kita tahu ya para penguasa itu pada asyik-asyik korupsi….” Rofiq :”Kok korupsi, iki loh minyak to susah, langka, LPG menghilang….”
Rifai :”Ya kita tunggu saja, kata perminyakan sore ini pasokan sudah normal…”
Musa :”lah sore yo’po lha wong ini udah malem, toh juga barang belum ada….”
Rofiq :”ya wez lah, rakyat cilik, wong cilik emang harus sabar…”
Musa :”sabar gimana. Lha wong kita ini cuman dibuat mainan….”
Rofiq :”Lha nek ora sabar opo awakmu arep ngawe tambang minyak dewe….” Musa :”Juamput, koen bener…”
Mak Jaikem :”Yo muga-muga wae kang sesuk wes ora koyo mengkene, iki tur yo mung ora aku, kabeh podo susah…”
Rofiq :”Yo ngono yu, penting olehmu dagangan ora kok tutup”

Obrolan ringan seputar minyak terus mengalir, tanpa terasa malam makin larut dan udara makin pekat oleh titik-titik air…desa yang sepi, katrok, jauh dari sentuhan dari teknologi tapi damain inipun segera terlelap dalam tidur menuju esok pagi cerah.

Di posting di deroom pada 10 Januari 2009

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar