Jumat, 17 Juni 2011

Fenomena Episode 1 : Jombang

Banyak keajaiban di kota ‘Beriman’ ini dan setidaknya memberi pengaruh yang nyata pada kehidupan masyarakat dalam jangkauan luas, tidak hanya pada lingkup kota ini saja tapi menjabar hingga kehidupan rakyat Indonesia. Dan kali ini Jombang masuk dalam ranah rubrik Fenomena karena pengaruh yang ditimbulkan dari segala masalah yang ada padanya.
Gus Dur
Sebagai Presiden, rupanya turut mengangkat nama Jombang sebagai kampung halaman Gus Dur. Sejak beliau dinobatkan jadi Presiden Indonesia sontak perhatian ke nama Jombang semakin besar ketimbang sebelumnya. Meskipun kota ini juga tidak sedikit melahirkan pahlawan nasional salah satunya Hasyim Asyari.

Dalam kaitan dengan Gus Dur ini sedikit banyak disangkutkan dengan keberadaan Ponpes (Pondok Pesantren) Tabu Ireng. Dan pada masa itupun pondok pesantren ini menjadi pondok pesantren yang paling mendapat sorotan media. Dan setidaknya pengaruh ini masih tetap berjalan hingga sekarang meskipun masa tugas Gus Dur sebagai Presiden sudah digantikan.

Tragedi Ryan
Inilah tragedi paling mengerikan. Ryan alias Fery Idam Heryansyah berhasil membunuh 11 manusia dan beberapa di antaranya dimutilasi. Koleksi mayat Ryan yang dikubur dibelakang rumah orang tuanya itupun tak hanya dari kalangan rakyat biasa, bahkan hingga keluarga artis, baik pria maupun wanita bahkan anak-anak.

Ryan yang seorang pemuda pendiam dan guru ngaji yang dikenal ramah dikampungnya ternyata tak lebih dari seorang jagal manusia. Disertai dengan perilaku homoseksnya semakin menambah panjang daftar ‘Fenomena Ryan’. Usut punya usut seluruh kasus pembunuhannnya dilatar belakangi oleh harta dan sifat gay-nya yang posesif yang kemudia mengarah pada kondisi kejiwaan Ryan yang psikopat. Bahkan saat inipun ia mendekam di jeruji besi masih saja ‘mencukil’ nama artis Indra L Brugman untuk mengaku pernah melakukan hubungan intim dan hubungan cinta dengannya.

Tragedi Ryan bahkan masuk dalam ‘Kriminal of The Year 2008’, saat ini Ryan masih menjalani proses persidangan dan disinyalir masih banyak mayat korban Ryan yang belum ditemukan karena Ryan sendiripun lupa dimana ngubur itu mayat. Apa saking banyaknya yah korban dia ampe lupa gitu.

Karena terungkapnya tragedy ini, konon dunia gay Indonesia dilanda gempa sosial. Gak tau juga gimana detailnya tapi yang pasti semakin banyak orang yang curiga, takut dan ngeri pada dunia gay maupun waria karena bisa sangat mungkin tragedy Ryan terulang lagi. Pengaruh laur biasa yang ditimbulkan Ryan pada kehidupan masyarakat adalah semua mata tertuju padanya hingga pamornya berhasil mengungguli artis terkenal sekalipun dalam jangka waktu melintasi tahun 2008 hingga 2009 saat ini. Tidak sedikit juga kaum cendekia yang menyebut tragedy Ryan ini sebagai awal kebangkitan kaum Luth di Indonesia.

Batu Sakti bin Ajaib
Adalah Ponari, si anak 9 tahun yang sangat dikenal dengan dukun cilik dari Jombang. Baru kemudian muncul berbagai nama tentang batu sakti ini, tapi Ponarilah yang menaruh peran terbesar dalam Fenomena Batu Sakti yang kemudian menyebar keseluruh penjuru nusantara, tidak hanya di Jombang saja.

Ponari menemukan batu sakti sesaat setelah ada petir dan batu itulah yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan dicelupkan ke air. Kontan ratusan hingga ribuan manusia berbondong-bondong mendatangi rumah anak kelas 3 SD ini, apalagi kalau bukan untuk mendapat celupan batu ajaib Ponari. Bahkan air comberan Ponaripun jadi rebutan. Praktek pengobatan Ponari ditutup 5 hari sebelum awal bulan Maret 2009.

Deman batu ajaib tak lama kemudan menjadi tren, sebut saja anak 14 tahun bernama Dewi Lestari hingga Siti Nurohmah yang seorang ibupun membuka praktek tetap dengan batu ajaib mereka masing-masing, ini masih di Jombang.

Ponari tidak hanya memberi pengaruh pada deman batu ajaib, tapi juga pada ‘predikat’ dukun cilik. Semenjak Ponari pensiun dari prakteknya mulai bermunculan dukun-dukun cilik lainnya baik di Tuban, Madura hingga Makasar dan sangat tidak menutup kemungkinan muncul dukun-dukun cilik lagi di belahan bumi lain.

Dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, Jombang berhasil merangkum 3 peristiwa besar dan saya berpendapat sulit untuk mendapat padanan kasus Jombang.

Di posting di deroom pada 5 Meret 2009

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar