Sabtu, 18 Juni 2011

Fenomena Episode 4 : Paku Buwono II

Kota Surakarta atau dikenal luas dengan kota Solo (Sala) sebelumnya tak pernah dikenal sebelum Paku Buwono II memutuskan untuk memindah Keraton dan pusat pemerintahan. Praktis, jasanya memindah keraton dan pusat pemerintahan inilah yang kemudian melahirkan nama Surakarta/ Solo yang tetap bersinar hingga detik ini.

Kata Solo sendiri bukan sekedar dikenal sebagai nama kota. Keberadaannya begitu mengakar jauh dalam nurani rakyat. Ibu Tien bahkan Soeharto Mantan Presiden sekaligus Pahlawan Nasional dibesarkan di kota ini. PON pertama kali diselenggarakan di Stadion Manahan Solo dan banyak sejarah mencatat begitu pentingnya peranan Solo dalam perjalanan Indonesia.

Putri Solo, seorang wanita dengan penuh pekerti, sopan, santun dalam berkata dan bertindak serat lemah gemulai. Juga Putra Solo untuk julukan laki-laki yang begitu penyanyang. Dan pasti Anda kenal dengan Nasi Liwet Solo. Begitu Khas dan tak ada tandingannya, panganan yang semula hanya milik rakyat jelata malah naik daun jadi salah satu ikon kota Solo dan gara-gara nasi liwetl yang hanya bisa dijumpai saat malam menjelang membuat kota Solo dinobatkan sebagai kota yang tak pernah tidur.

Kenapa harus PB II dan bukan Solo yang masuk dalam ranah Fenomena ? Ya, karena meskipun Solo (Sala) memberi pengaruh yang sangat besar terhadap peradaban, toh tetap saja Solo tak akan pernah dikenal orang jika tanpa campur tangan seorang PB II. Memang bisa saja suatu ketika Solo bisa muncul ketengah-tengah peradaban, tapi siapa yang menjamin Solo muncul sebagai kota cagar budaya dan pusat pemerintahan Mataram yang dipimpin seorang PB II.

Mataram, pernah terekam sejarah sebagai salah satu kerajaan terkuat dengan wilayah kekuasaan hampir seluruh nusantara. Pada masa awal, Mataram, beribu kota di Wonokerto, tapi karena pemberontakan seluruh isi kerajaan termasuk raja harus dipindahkan ketempat yang lebih aman, saat itu adalah masa pemerintahan Sri Susuhunan Paku Buwono II. Beruntung pemberontakan dapat ditumpas oleh Cakra Ningrat. Pemberontak yang didalangi pasukan Cina pimpinan mas Garendri berhasil dipukul mundur, tapi merekapun berhasil juga membabat habis ibu kota dan membakar keraton Kartosura. Inilah yang dikenal sebagai ‘Geger Kartosuro’.

Mengtahui keratonnya hancur, maka PB II memutuskan memindahkan pusat pemerintahan ke Sala. Sala hanyala sebuah dusun kecil, tanah berawa dan sangat tak menjanjikan, disana-sini hanya hutan, jauh dari kota, jauh dari keramaian dan peradaban, dusun terpencil ini dipimpin oleh seorang bekel bernama Kyai Sala. Tapi siapa sangka dusun tak menjanjikan itu berubah wajah menjadi Surakarta seperti sekarang.

Pemindahan keraton terjadi pada tanggal 17 Februari 1847. Dikatakan oleh bukti sejarah, arak-arakan pemindahan atau bedol keraton mencapai panjang hingga 10 KM. Di barisan paling awal ada raja dan penyelanggara pemerintahan, juga putra mahkota disusul kerabat kerajaan hingga pada pekerja di dapur dan pedagang. Tak lupa dengan meriam keramat peninggalan Portugis yang diberi nama Nyai Setomi yang hingga sekarang tersimpan di setinggil Keraton Surakarta, konon pasangannya, Kyai Jagur, yang juga dianggap keramat, tersimpan di Museum Pusat Jakarta.
Demikianlah PB II memunculkan nama Surakarta Hadiningrat hingga dalam perjalanan waktu ke waktu menjadi saksi bisu dari seluruh tingkah laku para keturunan Sultan Agung, menjadi saksi kegemilangan Mataram hingga masa-masa muram Mataram, menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia hingga saat-saat mengisi kemerdekaan. Semua berawal dari sebuah dusun tanpa potensi dan tak berpengharapan, dan atas keputusan Paku Buwono II, dusun itu menjadi kota Solo. Kota salah satu pusat peradaban Jawa.
Foto keraton Surakarta, koleksi WIkipedia.
Di posting di deroom pada 28 Maret 2009.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar