Sabtu, 18 Juni 2011

Legenda Episode 3 : Ucok

Bagi masyarakat Sumatra utamanya Sumatra Utara nama ini sangat akrab ditelinga mereka bahkan untuk anak kecil yang belum jelas mengeja kata-kata sekalipun. Dongeng, legenda atau cerita masyarakat yang jelas kisah tentang Ucok hingga saat ini masih menjadi kepercayaan yang sangat lekat bagi masyarakat setempat.


Memang Ucok masih kalah pengaruh ketimbang Arjuna atau Srikandi dalam hal jangkauan. Tapi tetap ia begitu mewarnai kehidupan masyrakat sekitar Danau Toba bahkan wisatawan yang datang kepadanyapun tak luput ingin tahu lebih banyak siapa sebenarnya Ucok dan para wisatawan ini jauh lebih senang mendengar penuturan kisah Ucok dari mulut penduduk sekitar dengan logat dan bahasa mereka, Bahasa Melayu yang memang sedikit banyak ada kesamaan dengan Bahasa Indonesia dan konon Bahasa Indonesia juga berakar dari Bahasa Melayu.

Ucok, seorang anak ingusan. Anak Dewi Ikan. Ayahnya seorang petani biasa dan hidup dikampung dengan serba pas-pasan. Tak ada yang lebih dari Ucok kecil yang suka bermain bahkan bandel. Jauh dimasa lalu, sebelum dirinya lahir, ayahnya yang seorang petani bertemu dengan wanita sangat cantik dan memperistrinya dengan syarat ia tak boleh marah-marah dan tak boleh manyebutkan asal si perempuan cantik yang sebenarnya penjelmaan seekor ikan.

Kekhilafan manusia memang tak bisa direncanakan. Suatu hari yang panas petani itu bertani disawah, sendirian ,kelaparan dan kehausan. Si istri dirumah menyiapkan bekal dan menyuruh anaknya (Ucok) mengantarkan bekal itu ke bapaknya. Tapi namanya anak kecil, ditengah jalan Ucok bertemu temen-teman dan bermainlah dia disana hingga kecapekan dan lapar. Bekal yang harusnya untuk ayah disawah malah disantap beramai-ramai dengan teman-temannya hingga habis tak bersisa. Hingga sore menjelang ayah Ucok tiba dirumah dan tak menjumpai anaknya. Ia marah habis-habisan karena kelaparan dan terlantar di sawah. Dan Ucokpun masuk rumah, ia menangis kena marah ayahnya. Dari kemarahan itulah terlontar kata-kata dari ayahnya menghardik Ucok ‘dasar anak ikan’. Sumpah telah dilanggar. Bencana besar siap datang.
Si istri yang penjelamaan ikan tahu sumpah suaminya telah dilanggar. Maka ia peluk Ucok serasa berpamitan dengan suaminya, tiba-tiba ia dan Ucok yang masih dalam pelukannya menghilang, konon mereka menuju kahyangan, asal di Dewi Ikan. Tak lama kemudian hujan luar biasa deras disertai petir melanda kampung, bahkan air-air dari dalam tanahpun menyembur disana-sini. Orang pontang-panting lari kesana kamari menyelamatkan diri dari bajir besar. Seluruh kampung dan beberapa kampung tetangga terendam banjir. Inilah yang kelak menjadi Danau Toba. Dan dipercaya, pulau Samosir yang ada ditengahnya adalah tempat berpijak kaki ayah Ucok, karena masih ada rasa sayang, si dewi ikan menyelamatkan ayah Ucok dari bencana itu sehingga tidak tenggelam.

Danau Toba sebagai Danau terbesar di Indonesia sangat menguntungkan untuk sektor pariwisata. Ditambah dengan legenda masyarakat sekitar yang tak pernah habis dimakan waktu. Ucok entah diketahui pernah benar-benar hidup didunia atau tidak, tapi namanya sedemikian hidup. Danau Toba tetap terajadi dan itu memang keadilan alam. Tapi apakah Danau Toba bisa dikenal tanpa kehadiran tokoh Ucok itulah yang jadi pertanyaan. Bisa saja Danau Toba disebut-sebut sebagai Danau Terbesar dan bahkan airnyapun bisa langsung diminum, tapi pengaruh Ucok memberi nuansa lain untuk Danau Toba. Menyangkut keberadaanya di tanah Sumatra Utara, Ucok berhasil menyatukan tradisi, budaya setempat dengan keberadaan Danau Toba. Inilah yang memberi nilai tambah untuk Danau Toba yang dari waktu kewaktu merangkul budaya setempat dan jadi ciri khasnya yaitu Ucok.

di posting di deroom pada 10 Maret 2009.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar