Sabtu, 18 Juni 2011

Legenda Episode 6 : Roro Jonggrang

Demikianlah nama ini berhasil bertahan berabad-abad dalam mitologi Jawa khususnya dan terus membahana nama Roro Jonggrang seiring pariwisata yang semakin berkembang sehingga siapapun yang menginjakkan kaki di Candi Prambanan bakalan penasaran.


Roro Jonggrang selalu dikaitkan dengan Candi Prambanan karena memang terlalu erat hubungannya dengan keberadaan candi ini. Jika anda mengunjungi Prambanan cobalah tengok candi utama dari pintu utara. Disana anda menemui arca perwujudan wanita cantik dengan pakaian dan peradaban masa lalu. Dialah yang dipercaya sebagai Roro Jonggrang.

Pembangunan candi sendiri terapat 2 versi. Tentunya salah satu adalah versi legenda yang menyebut-nyebut Bandung Bondowoso bersama pasukan jin-lah membangun 999 buah candi itu. Dan untuk pelengkap, maka Roro Jonggrang dikutuk Bandung Bondowoso seketika berubah menjadi Arca, lengkaplah 1000 candi sekarang. Perilah kenapa Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung adalah karena cintanya ditolak dengan cara yang licik, sementara dari sisi Roro Jonggrang sadar bahwa dirinya sama sekali tidak menaruh cinta pada Bandung Bondowoso dan memang cinta tidak bisa dipaksakan, itulah yang melatari Roro melakukan hal licik demi menghindar dari Bandung Bondowoso.

Sementara sisi sejarah dengan bukti otentik menyebutkan candi Prambanan adalah hasil karya Dinasty Sanjaya pada abad 9 masehi dan tepat selesai dibangun pada angka tahun 825 masehi. Dari angka tahun dan kita konversikan dengan tahun sekarang (2009), maka muncul angka 1184, bukan senjang waktu yang singkat. Dari inilah bisa kita tarik kesimpilan bahwa nama Roro Jonggrang juga mulai muncul kala itu meskipun dapat lebih lambat atau bahkan lebih cepat. Sama artinya keabadian nama seorang Roro Jonggrang mencapai 1184 tahun, hampir 11 abad.

Kanapa pilihan jatuh pada Roro Jonggrang dan tidak pada Bandung Bondowoso. Ini lebih karena Roro Jonggrang terwujudkan ketimbang Bandung Bondowoso. Memang dia adalah seorang sakti yang bahkan digambarkan pasukan jin pun takluk padanya. Tapi sayang tidak ada perwujudan tentang dia dan orangpun hanya mengabadikan sosok perawakan Bandung Bondowoso dalam imajinasi masing-masing. Dan Roro Jonggrang telah merobohkan masing-masing imajinasi dalam wujudnya meski hanya dalam bentuk sebuah arca.

Juga dari legenda seorang Roro Jonggrang yang bahkan kita tak tahu apakah dia pernah ada dimuka bumi ini dan sempat meminum air bumi ini. Tapi bahkan legenda mengatakan dia adalah seorang wanita cantik anak seorang Raja Boko yang mengusai daerah Prambanan. Kecantikan yang tersohor inilah yang membuat Bandung Bondowoso jatuh hati padanya hingga ia mengajukan satu syarat yang dirasa tak akan mungkin diselesaikan seorang manusia. Syarat dibuatkan 1000 candi dalam sehari semalam inilah yang tanpa disangka mengakhiri hidup seorang Roro Jonggrang yang cantik.

Legenda yang sebenarnya membuktikan cinta tak bisa dipaksakan meski dengan kekuatan yang mumpuni. Ringkas dan lugas, tapi setidaknya legenda dan kecantikan seorang Roro Jonggrang hampir berhasil menutupi sejarah dengan dukungan bukti-bukti otentik sekalipun. Dan nama seorang Roro Jonggrang akan terus ada selama sejarah tetap mengulasnya, meski ahli sejarahpun tak pernah tahu dimana letak istana Raja Boko, ayah Roro Jonggrang.

Foto Arca Roro Jonggrang koleksi dari Awidiarso.

Di posting di deroom pada 17 Mei 2009.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar