Selasa, 14 Juni 2011

Masjid Jami Ngawi Runtuh

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja dari kota paling barat Jawa Timur yaitu Ngawi. Sejak saya hijrah dari Ngawi ke Malang untuk kuliah beberapa tahun lalu, sangat banyak perubahan yang terjadi di sana. Salah satunya mulai dibangun terminal Tipe A yang sekelas dengan Bungurasih yang hingga saat ini belum selesai proyek tersebut. Juga dibangunnya jalan tembus dari Terminal baru tersebut langsung ke arah Surabaya tanpa melewati kota.


Namun justru kabar buruk datang dari arah pusat kota. Masalah pembangunan Masjid Jami’ yang hingga kini masih dalam tahapan mengkhawatirkan. Pasalanya, rehab yang direncanakan sudah harus terhenti gara-gara ulah kontraktor nakal. Rencananya Masjid yang sudah dad sejak ratusan tahun tersebut akan direhab untuk ajdi lebih bagus lagi, namun si kontratktor justru membabat habis seluruh bangunan Masjid tanpa menyisakan apapun, otomatis segala hal yang berkaitan dengan sejarah Masjid bahkan Ngawipun kini rata dengan tanah.

Pembongkaran besar-besaran oleh investor tersebut bukan membawa hal yang baik. Tak berselang lama setelah meratakan Masjid Jami Ngawi, si kontraktor justru lari tak tahu kemana dengan membawa uang yang seharusnya untuk pembangunan masjid tersebut. Hingga saat ini kontraktor tersebut masih buron dan hingga saat ini juga masjid Jami’ Ngawi masih rata dengan tanah. Terakhir saya kemarin mengunjungi lokasi, yang dulu berdiri megah Masjid Jami’ kini tak lebih dari bongkahan-bongkahan bangunana yang hanya dibatasi dinding seng di sekelilingnya.

Beberapa orang yang saya temui disana dan saya mintai keterangan dari masalah ini, hanya sedikit yang memebri keterangan dan itupun hanya sebatas dari yang mereka ketahui, bisa saja memang dalam masalah ini pemerintah setempat terkesan menutup-nutupi. Namun yang pasti banyak masyarakat yang mengutuk habis-habisan terutama bagi si kontraktor mereka sebut ”pengkianat”.

Masjid Jami yang selama ini hampir-hampir adalah icon dari kota Ngawi, hari ini hanya tinggal kenangan. Saya masih sangat ingat, sewaktu masih duduk di bangku SD, setiap buku yang saya pegang adalah buku bantuan dari Dinas Pendidikan setempat, yang pasti menampilkan Masjid Jami sebagai salah satu kebanggan masyarakat Ngawi. Terutama saat Romadhon menjelang, kembali aku dan teman-teman di SD mendapat bantuan buku Panduan Romadhon. Di sampul buku itu dari tahun ke tahun selalu dan selalu saja bergambar Masjid Jami Ngawi.

Karena waktu itu saya hanya anak dari desa, jauh dari kota. Sayapun berharap banyak nantinya bisa masuk dan menikmati sholat di dalam Masjid yang megah itu. Namun apa daya, hanya anak desa yang kekota saja jarang, pasling hanya liburan dan tak ada waktu menyempatkan ke Masjid Jami’.

Keinginan yang sejak lama saya pendam itu, akhirnya terwujud saat saya SMP. Alhamdullilah saat itu saya diterimadi SMP I yang memang sudah menjdi incaran saya sejak ke las 5 SD. Dan saat itulah benar-benar saya senang telah berhasil menwujudkan impian sejak kecil untuk sholat di Masjid itu. Tapi sekali lagi, semua tinggal kenangan.

Sungguh saya kaget luar biasa. Sebelumnya memang saya tak mendengar sesuatu apapun tentang Masjid Jami’. Beruntung suatu hari ibu mengajak saya berbelanja di pasar Ngawi dan saya sengaja mengarahkan motor melewati arah Masjid. Tiba didepan masjid itulah saya baru tahu kalau Masjid akan direhab dan saya baru tahu kalau riwayat Masjid sedemikian nelangsa.

Semoga kejadian ini menjadi peringatan yang kesekian kali untuk pemerintah Ngawi. Dan semoga tidak terulang lagi di hari berikutnya, cukup untuk kali ini saja dan ini menjadi pelajaran berharga.

Diposting di deroom pada 14 Agustus 2008

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar