Rabu, 15 Juni 2011

Potensi Terpendam Ngawi

Kabupaten Ngawi sebagai kabupaten yang letaknya paling barat di Provinsi Jawa Timur selama ini sangat tertinggal dan jauh dari perhatian. Salah satu sebabnya bisa karena lataknya secara geografis yang paling jauh dari Ibu kota Jawa Timur, Surabaya. Ini tak jauh berbeda dengan anak yang paling jauh dari induknya.

Namun seharunya itu bukan hal untuk membuat Ngawi terus lemah dan lesu hingga saat ini. Justru seharusnya dengan kanyataan yang ada dan dirasa tidak menguntungkan, harusnya bisa menjadi satu stimulus besar untuk berkembang dengan mandiri. Apakah Ngawi mampu ? jawabannya pasti mampu. Tinggal mau atau tidak.

Potensi banyak tersebar diseluruh antero wilayah kabupaten, terutama pariwisata. Mangapa pariwisata yang kita baha disini. Karena dengan pariwisatalah sebagai salah satu penopang ekonomi yang bisa mencakup seluruh kompenen. Satu contoh kecil, dengan hadirnya satu tempat wisata disuatu daerah, dengan tanpa sengaja berakibat perekonomian penduduk sekitar menanjak. Misalnya, pemuda yang dulunya pengangguran bisa bekerja meski hanya sebagai tukang parkir, atau bahkan tukang jual asongan. Paling tidak ada penghasilan untuk dirinya tiap hari. Meskipun dalam pengembangan sektor pariwisata harus yang berwawasan lingkungan. Bebrapa potensi besar yang patutu dipertimbangkan dalam pengembangan Ngawi berikutnya. Berikut dengan penilaian saya pribadi dan pengalaman sebagai Duta Wisata dana atas referensi dari beberapa rekan, saya tuliskan 3 besar yang harus menjadi pusat perhatian Pemerintah Ngawi dalam mengembangkannya.

1.Alun-alun kota Ngawi
Dalam sebuah blog yang pernah saya baca dan itu merupakan blog dari warga Ngawi sendiri. Dalam blog tersebut menuliskan bahwa alun-alun Kota Ngawi adalah yang terluas di pulau Jawa. Masalah pengukuran pastinya saya belum tahu dan di blog tersebut juga tidak dijelaskan perbandingan dengan alun-alun lain di pulau Jawa. Tapi dapat juga dibenarkan, karena dalam perjalanan saya beberap waktu dan dalam bebrapa wilayah kota maupun kabupaten. Saya pastikan mampir mengunjungi alun-alun di wilayah tersebut. Karena kurang rasanya jika belum singgah ke alun-alun.

Pernah saya mengira, alun-alun Malang (alun-alun Bundar, Kota) lebih luas dari pada alun-alun Ngawi, tapi coba saya kelilingi ternyata kembali saya mendapat kesimpulan, alun-alin Ngawi masih lebih luas. Begitu juga dengan alun-alun Batu, Tuluagung, Blitar, Solo dan tempat lain yang pernah saya singgahi.

Sebagai alun-alun terluas di Pulau Jawa. Jelas ini adalah satu-satunya. Dan kabanyakan orang pasti lebih suka dengan hal yang unik alias tak ada bandingannya. Termasuk dengan alun-alun terluas ini. Dengan promosi yang gencar dan bermutu, pasti ini dapat mendompleng wisatawan jauh lebih banyak dari selama ini. Bahkan yang lebih ironis, banyak sekali warga Ngawi yang tak tahu menahu tentang alun-alunnya. Andai mereka semua tahu, bisa jadi ini sangat membanggakan dan mereka ceritakan pada siapapun yang mereka temui dan dimanapun.

Keunikan lain dari alun-alun ini adalah letaknya yang persis seperti tata kota zaman kuno. Tidak berbeda jauh dengan alun-alun Solo. Dimana sebelah utara ada Balai kota/ keraton. Sebelah barat ada masjid atau tempat ibadah. Tidak ketinggalan dengan ringin kurung ditengah yang merindangi jalan utama alun-alun.

2.Taman wisata Tawun
Sampai saat ini taman wisata ini masih terkenal dengan kolam renang dan danau buatannya. Saya masih ingat ketika saya kecil, waktu masih TK, saya dan teman-teman berwisata ditempat tersebut dan naik perahu di danau buatan. Tapi saat saya masih SMA dan berkunjung di tempat tersebut, tidak lagi dijumpai adanya perahu dan danau buatanyapun mulai gersang dan banyak sampah disana-sini.

Heran, kenapa hal yang selalu dipromosikan justru terkesan tidak dirawat dan tidak mendapat perhatian serius. Bahakan terakhir, saya masih menjumpai banyak jalan-jalan berlobang dan sempit serta berdebu, padahal itu jalan masuk menuju lokasi wisata.

Dari beberapa hal ini, jika Tawun dapat dikelola dengan sangat baik, bukan tak mungkin jumlau pengunjung akan membludak, ditambah lagi sekarang juga ada fasilitas hotel yang eksklusif berada didalam area Tawun, juga dengan areal Bumi Perkemahan yang semakin menambah daya tarik Tawun. Dan tak kalah menariknya adalam sumber Tawun yang sudah dikenal jauh ke pelosok negeri dan tak lepas dari ritualnya.

Tawun juga salah satu dari sedikit tempat yang merupakan habitat asli Bulus. Bulus di Tawun banyak yang mempercayai memiliki berkah. Sekali lagi, masalah utamanya adalam dari sisi pengelolaan dan perawatan. Semua keindahan sudah disediakan alam, tinggal bagaimana mengembangkannya.

3.Museum Trinil
Musem ini merupakan warisan dunia. Manusia di sudut dunia lain mengenal Musem Trinil karena sisi ilmiahnya tempat ditemukan Pithecan Tropus dan berbagai hewan purba lainnya. Di dalam buku-buku sejarah banyak sekali tertulis nama Musem Trinil di Ngawi Indonesia. Bahkan banyak saya temukan artikal yang menyinggu pentingnya keberadaa musem tersebut. Suatu potensi yang laur biasa menurut saya, sebanding jika disejajarkan dengan Partenon di Roma.

Bukan hanya itu, hingga saat inipun masih ada saja petani disekitar yang menemukan berbagai fosil ataupun artefak. Coba kita lihat disisi dunia lain, dimana seorang arkeolog rela berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bergelut dengan debu dan tanah untuk menggali dan menemukan sebuah peradaban, tapi di Trinil, tanpa kita menggalinyapun dan tanpa arkeologpun kita sudah dapat menemukan apa yang selama ini dicara dan sebagai bukti penyingkap kehidupan masa lalu, kita menemukannya tanpa disengaja dan sangat mudah. Akankan kemudahan dan potensi itu kita sia-siakan begitu saja ?



Di posting di deroom pada 15 September 2008

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar