Selasa, 14 Juni 2011

Ramalan Zodiac = Tepat ?

Ramalan zodiac seakan tak dapat lepas dari kehidupan remaja. Semakin banyak saja macam penyajiannya, dari sekedar tulisan di majalah remaja hingga melangkah ke dunia TV.

Pernah saya menghadiri sebuah diskusi yang khusus membahas tentang ramalan, utamanya zodiac. Zodiac sendiri yang dari moyangnya di Yunani sana dan ditemukan oleh peradaban setempat. Dengan membaca rasi-rasi bintang dan dihubungkan dengan tanggal lahir sesorang yang kemudian dapat menjadi tolok ukur tentang kepribadian yang bersangkutan.

Jumlahnya yang 12 sangat pas dengan jumlah bulan dalam Masehi yang juga 12. Dan yang saya ketahui, penghitungan zodiac sangat erat dengan pergerakan planet dan gejala alam. Sebagai contoh zodiac Taurus yang juga zodiac saya dan sangat erat dinaungi oleh venus. Pertanyaan yang kemudian muncul, bagaimana keadaanya sebuah zodiac yang bersinggungan dengan Pluto, padahal sudah setahun lalu Pulto bukan lagi ditetapkan sebagai planet, hanya sebuah bintang mati ? Bukan porsi saya rupanya untuk menjwab itu.

Kembali pada diskusi. Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh kelompok pro dan kontra, pastinya. Kelompok pro selalu dihadiri mayoritas anak-anak muda, dan kalangan tua dan agamis selalu duduk di kursi kontra.

Ada saja hal yang membuat kamu kontra menyerang kaum pro. Dengan segala dalil ilmiah dan agamis mereka terus menyerang. Bahwa kepribadian manusia adalah karunia dari sang pencipta dan hanya dirinya seta Tuhan yang tahu, bukan bintang dengan lambang-lambangnya.

Berbeda jauh dengan pernyataan dari pro. Dengan berbagai serangan juga mereka membela bahkan dengan mati-matian apa yang selama ini mereka percaya. Maklaum saja, mereka sebagai pembaca, penikmat bahkan penggemar remalan zodiac lekat sekali hidupnya dengan ramalan itu. Tak jarang diantara mereka yang setiap hari harus update e-mail demi melihat peruntungan atau kesialan apa yang mengintai mereka hari ini, tentunya dengan rubrik zodiac yang sudah tersedia banyak di internet.

Tak bisa dipungkiri memang. Meski sekedar ramalan, tapi tidak sedikit yang memang susuai dengan keadaan sebenarnya, bahkan apa yang tertulis diramalan bisa terjadi dan tepat seperti yang diramalkan. Atau mungkin menyangkut kepribadian. Kadang sesuai persis dengan yang diramalkan.

Lagi-lagi hal ini kembali siserahkan pada pribadi masing-masing. Pernah sya berbincang dengan salah seorang teman. Ia berzodiac Cancer, dan seperti yang diramalkan, orang Cancer tak terbiasa dengan penyerangan cinta yang tiba-tiba, tapi ia selalu mengendap dan mencari kesempatan yang tepat untuk mengatakan cintanya. Bagitu jugalah yang terjadi pada teman saya itu. Bahkan pernah suatu ketika dia berkata, setiap hari harus update tentang ramalan zodiac, karena ia percaya banget dengan zodiac.

Sepertinya permasalahan zodiac memang bukan maslah yang penting. Hanya beberapa orang saja yang percaya dan fanatik, namun dibalik itu hanya beberapa orang saja yang fanatik menolaknya. Itulah sebabnya masalah kontroversi zodiac ini tak pernah muncul ke permukaan. Hanya sebatas angin lalu saja.

Meski demikian, semakin zaman berjalan. Bahkan mungkin hari ini adalah ulang tahun kesekian ribu untuk zodiac sendiri. Mengingat memang zodiac pertama kali muncul pada masa Yunani dan orang kala itu sudah pandai membaca bintang. Hingga detik inipun. Zodiac masih saja santer dimana-mana. Bisa saja jika sebutan budaya abdi disandangkan untuk zodiac ini. Selain itu juga didukung dengan perkembangannya yang dari waktu ke waktu bukan merujuk pada tanda-tanda buram atau hancur, tapi malah semakin tenar dengan berbagai wajah baru lainnya.

Dahulu ketika aku masih kecil. Zodiac hanya terlihat wajah-wajah sederhana sebagai lambang dari masing-masing rasi bintang. Sangat sederhana dan aku hanya bisa melihatnya di koran kumal, itupun sisa dari orang kaya dan sudah dibuang ke tempat sampah dan kupungut lagi.

Berbeda dengan masa sekarang, masa dimana aku sudah mampu membeli majalah dan tidak memungut lagi dari tempat sampah orang kaya. Aku lihat halaman didalamnya yang memuat banyak zodiac. Dengan gambar-gambar yang beraneka ragam dan bentuk juga dengan banyak warna yang lebih menarik dan lebih sedap dipandang mata. Rupanya kemampuan manusia dalam mendesain semakin bergerak maju, demikian juga dengan zodiac yang semakin digemari para remaja.

Posting deroom pada 14 Agustus 2008.


0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar