Sabtu, 18 Februari 2012

Be More Kreative

Kreatif, sejatinya bukan perkara sulit. Karena semua orang pada dasarnya memiliki kreatifitas masing-masing yang berhubungan dengan intuisinya. Justru faktor lingkungan yang sangat berpengaruh apakah seseorang akan selalu mengembangkan kreatifitasnya atau malah hanya sebagai bakat terpendam yang tak akan pernah muncul.

Sangat disayangkan, sebuah potensi yang sangat besar hanya disia-siakan. Dan tidak ada seorangpun yang tak kreatif, yang membedakan hanya kematangan kreatifitasnya. Kematangan kreatifitaspun dapat diolah dan dikembangkan. Berikut disajikan beberapa tahap mematangkan kreatifitas :


1.Bebaskan Ide
            Ide bukan untuk dipenjara. Dan jika ada ide apapun, setikdanya dicatat. Terlebih zaman sekarang banyak peralatan canggih yang sangat bisa jika digunakan untuk mencatat. Misal HP atau laptop apalagi tablet. Penulisan ide sementara cukup poin-poin terpenting yang kemudian dikembangkan menjadi lebih komplek.
            Ini sangat berguna bagi lahirnya ide lain yang lebih segar. Sehingga akan terbiasa untuk selalu mengembangkan ide-ide sederhana menjadi suatu yang lebih komplet. Justru banyak ide-ide segar dimulai dari hal/ ide gila.

2. jadi diri sendiri
            Ide original sangat mahal hargnya. Apapun ide yang kita miliki adalah ciri khas kita. Jangan terpaku karya orang lain lebih baik. Penilaian macam itu hanya penilaian sosial. Satu orang menilai bagus belum tentu dengan lainnya. Percaya diri dan menjadi diri sendiri akan menghindarkan dari perilaku plagiat.

3. Jangan memaksakan ide
            Karena ide datang dengan caranya sendiri dari hal-hal yang bahkan sangat sederhana dan remeh. Ide membuat  bakso rumput laut misalnya, datang dari kejenuhan makan bakso daging sapi, terlebih sekarang banyak dicampur dengan daging tikus oleh para pedagang nakal.
            Memaksakan ide bukan pilihan tepat. Karena saat kita memaksakan datangannya ide, justru kita melewatkan banyak sekali ide-ide baru.

4. Atasi kebuntuan ide
            Kadang dalam merealisasikan sebuah ide segar, ditengah-tengah kita malah kehabisan ide, pikiran buntu. Untuk mengatasi ini, hentikan sejenak aktifitas berkarya dan melakukan kegiatan selingan. Misal kebuntuan saat melukis bisa diatasi dengan sejenak minum the atau makan camilan. Disaat waktu senggang itulah otak merefresh dan aliran darah menjadi lebih lancar sehingga akan datang ide-ide baru yang memperkuat ide sebelumnya.

            Sejak lahir, Tuhan sudah memberikan jutaan bakat pada manusia. Jadi, manusia paling kejam adalah yang mengatakan “aku tidak punya bakat”. Tidak ada manusia yang tak memiliki bakat, yang ada hanya yang malas mengenal diri sendiri dan malas mengembankan diri. 

Koleksi Artikel, klik disini

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar