Senin, 13 Februari 2012

Flash : Awal Keberadaan Manusia Di Bumi

Tentang terbentuknya alam semesta dan bumi tentu jauh lebih panjang dari sejarah manusia.Manusia pertama muncul di bumi diperkirakan 3.000.000 tahun yang lalu dan terus mengalami perkembangan dalam pola hidup, teknologi dan daya pikir maupun budi pekerti mulai 10.000 tahun yang lalu hingga sekarang.


Seperti diketahui masa 3juta - 10ribu tahun yang lalu adalah masa/ zaman es. pada saat itu suhu bumi mengalmi penurunan hingga lautan membeku sejauh 100-150 meter jauh dibawah permukaan. Akibatnya lautan menjadi daratan dan menjadi media perjalanan dan perpindahan manusia maupun fauna untuk mencari daratan lain jika daratan lama tidak lagi ada makanan atau adanya bencana alam. Inilah ikhwal pertama penyebaran manusia ke seluruh belahan bumi.

Sementara didaerah katulistiwa pada masa zaman es (Plestosen) terjadi iklim dan suhu yang sangat lembat hingga daratn dipenuhi hutan hujan. Namun sejauh mana kelembaban udara tersebut masih dalam penelitian.

Suhu udara, tingkat kesuburan tanah, kelembaban dan arah angin adalah hal penting yang sangat diperhatikan oleh manusia pada masa itu dalam memilih tempat tinggal. Tentu ini berkaitan dengan keberadaan makanan dan tantangan alam.

Kedaan alam yang dominan melatar belakangi pola hidup manusia masa itu adalah adanya peristiwa-peristiwa meluasnya es ke sebagian belahan bumi, perubahan iklim, turun naiknya permukaan air laut, letusan gunung berapi, timbul tenggelamnya sungai dan danau. Sadar atau tidak, beberapa diantaranya kita jumpai sekarang

Baca juga koleksi artikel serupa, klik disini.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar