Selasa, 14 Februari 2012

Flash : Hayam Wuruk

Raja keempat kerajaan majapahit dan diabwah pemerintahannyalah majapahi mencapai puncak kejayaan. Terlahir dengan nama Raden Tetep dan bergelar Maharaja Sri Rajasanagara. Ia putra dari Tribhuwana Tunggadewi yang juga dikenal sebagai ratu Kencono Wungu dan Sri Kertawardhana seorang raja bawahan yang menmerintah di SIngasari.

Hayam Wuruk lahir pada tahun 1334 M, pada saat yang bersamaan, Gajah Mada (yang kelak menjadi mahapatihnya) mengucapkan sumpah palapa dan momen meletusnya gunung kelud serta gempa bumi di Pabanyu Pindah.

Masa pemerintahan Hayam Wuruk 1351-1389 diwarnai dengan adanya perang bubat. Dimana gajah mada menghadang rombongan pengantin dari kerajaan Galuh dari Jawa Barat. Ihwal datangnya rombongan tersebut adalah atas pinangan Hayam Wuruk terhadap Putri Dyah Pitaloka Citraresmi. Namun di lapangan bubat justru terjadi peperangan, seluruh rombongan kerajaan Galuh tewas termasuk sang raja dan putri.

Akibat peperangan yang banyak disebut sebagai "kecelakaan sejarah" ini, hingga sekarang di daerah Jawa Barat masih menolak nama Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai nama jalan sekalipun.

Baca juga koleksi artikel serupa, klik disini

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar