Minggu, 12 Februari 2012

Fotografi Arsitektural (Pengantar)

Forografi arsitektural, bukan berarti hanya sebuah foto dengan objek bangunan. Memang fotografi arsitektural berhubungan erat dengan karya arsitektural. Tapi sekali lagi ditekankan, fotografi adalah bermain cahaya, termasuk dalam fotografi arsitekturalpun permainan cahaya sangat penting. Dari pencahayaan yang tepat dapat menghasilkan bayangan yang tepat, bentuk simetri yang tepat bahkan hingga kesan yang ditimbulkan. Jika tanpa penataan dan pengetahuan cahaya yang mencukupi, justru hanya menjadi sebuah karya dokumentasi yang berobjek karya arsitektur.

Seperti halnya cabang-cabang fotografi yang lain dan tentu memiliki kaidah masing-masing. Dalam fotografi arsitekturalpun memiliki beberapa kaidah.salah satunya dengan menempatkan komposisi yang tepat, peka terhadap bentuk-bentuk titik, garis, bentuk (shape) sehingga menghasilkan gambar yang sedap dipandang mata. Dan yang perlu ditegaskan, fotografi arsitektural tidak melulu pada bangunan, candi, rumah, namun bisa berupa kawasan perkotaan.

Karena bangunan bisa berbicara, demikianlah singkatnya. Satu bangunan saja, yang mungkin orang awam hanya melihat dari sisi depan, namun dalam fotografi arsitektural dan dimainkan beberapa angle yang tepat, justru akan menghasilkan gambar yang seakan berbeda. Inilah yang menyebabkan banyak orang bilang “kenapa kok fotonya lebih bagus ketimbang aslinya”. Bukan karena aslinya yang kurang bagus, tapi ini pengaruh dari perspektif dan nilai estetika sebuah bangunan yang terbungkus dalam karya fotografi.

Selain arsitektural, dikenal juga dalam fotografi beberapa cabang, diantaranya :
- Macro
- Ceremonial
- Culture
- People
- Travel
- Stop & slow action
- Landscape
- Panoramic
- Model & beauty
- Dll
Semoga dalam kesempatan mendatang bisa dibahas masing-masing dari cabang-cabang yang telah disebutkan diatas. Tunggu saja yah ; sering-sering berkunjung ke besmarbepositif
Berikut disediakan beberapa contoh fotografi arsitektural dari beberapa sumber.

Photo Credit : John Dalkin
Photo Credit Kristupa Saragih
Baca juga koleksi artikel serupa, klik disini

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar