Jumat, 10 Februari 2012

Virtual Private Networking sesion 5 : Kelemahan & Kelebihan VPN

Tidak dipungkiri VPN semakin banyak penggemarnya, terutama bagi kalangan pengguna internet yang sering mengakses site internasional. Mereka beranggapan, performa VPN bisa diandalkan dalam kebutuhan mereka terutama sebagai pendukung bisnis. Namun hingga saat ini, kalangan luas belum mengenal VPN secara mendalam, praktis VPN hanya mainan dan bisa dinikmati oleh orang-orang yang mengerti saja atau paling tidak memiliki jam terbang tinggi dalam dunia maya.


Di artikel berikut, disajikan kelebihan dan kelemahan VPN yang telah dirasakan hingga kini. Antara lain :

Kelebihan VPN
VPN sering dianalogikan dengan istilah kapal selam dalam mengarungi samudera yang luas. Ini berkaitan dengan sifatnya yang pribadi dan tingkat keamanan yang dia tawarkan. Seperti halnya kapal selam yang hampir tak dapat diketahui posisinya saat ia mengarungi samudera luas sekalipun.
Selain keamanan, beberapa hal yang ditawarkan sebagai bentuk kelebihan VPN adalah :
1.                 Sangat cepat
Berkaitan dengan koneksi. Karena VPN memiliki saluran sendiri, maka komunikasi yang dilakukan hanya sebatas pengguna pribadi, tidak terjadi banyak antrian sehingga komunikasi data berlangsung sangat cepat,
2.                 Tidak mudah dilihat
Erat kaitannya dengan kelebihan poin pertama, yaitu saluran pribadi. Karena memiliki saluran pribadi meskipun dalam jaringan publik, maka VPN tidak mudah terlihat oleh pengguna lain, ini berdampak pengguna lain yang tidak bisa berkomunikasi dengan pengguna yang ada dalam saluran pribadi tersebut.
3.                 Biaya relatif terjangkau
Biaya terjangkau yang dimaksud disini adalah pada sisi pengembangan teknologi. Karena memanfaatkan wireless jadi tidak memerlukan banyak piranti penghubung, misal kabel, dalam pengembangannya.
4.                 Melindungi saat melakukan komunikasi
Saat melakukan komunikasi dijaringan publik, tentu sangat rawan akan adanya pencurian data karena kita terlihat oleh pengguna yang lain. Dengan VPN karena layanan yang diberikannya berupa saluran pribadi, maka ini bisa menjadi pelindung untuk tidak terlihat pengguna lain dan terhindar dari pencurian data.
5.                 Teknologi VPN semakin berkembang
Salah satunya adalah adanya Cisco VoIP Softphone yang rupanya berjalan sangat bagus di jaringan VPN. Teknologi tersebut menawarkan pada kita utuk menjadikan PC kita sebagai telephone yang aman.
2.       Kelemahan VPN
Selain beberapa kelebihan yang diutarakan diatas, VPN memiliki beberapa kelemahan, terutama dalam sifatnya sebagai jaringan nirkabel. Beberapa kelemahan VPN yang disajikan secara empiris adalah sebagai berikut :
1.                 Rawan Penyadapan
Meskipun sebagai saluran pribadi, VPN tetap berjalan di saluran publik. Untuk menghindari adanya penyadapan data, hacking atau bahkan cyber crime maka diperlukan kajian lebih mendalam atau bahkan pemanfaatan teknologi terbaru untuk pelindungan data terutama data-data yang bersifat pribadi.
2.                 Tidak ada Kendali Utama Pengguna
Pengguna tidak memiliki kendali atas pengguna dan kecepatan aliran data, performa hingga pada kendali lain, misalkan jaringan yang tidak bekerja sama sekali karena mati lampu. Praktis,  pengguna tidak memiliki kendali apapun atas kendala yang berhubungan dengan layanan dan pengguna hanya sebatas sebagai pengguna.
3.                 Perangkat Tidak Sesuai
Dikarenakan perangkat-perangkat pada VPN biasanya bersifat eklusif. Dalam artian ini adalah bisa dimungkinkan satu perangkat tidak bisa digantikan perangkat dengan merk berbeda. Sehingga dalam pembangunannya perlu memperhatikan jenis dan bahkan merk perangkat yang digunakan.
4.                 Tidak Adanya Standar Yang Memenuhi
Sebagai jaringan nirkabel, VPN dan banyak jenis yang lain, mengalami masalah ini, yaitu tidak adanya standar yang memenuhi. Antara satu pabrikan dengan pabrikan yang lain memiliki ketentuan masing-masing. Akibatnya seperti yang dijelaskan dalam poin ketiga, termasuk akibat lain yang antara jaringan satu dengan yang lain tidak mampu berkomunikasi hanya karena perbedaan pada sisi perangkat.

1 komentar: