Kamis, 09 Februari 2012

Virtual Private Networking (VPN) sesion 1

Jadi kali ini posting tentang VPN, yuk belajar bareng tentang VPN, disini disuguhkah step bt step demi pemahaman VPN dan hubungannya dengan jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komunikasi Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah rekayasa yang mengkomunikasikan dua piranti komputer atau lebih dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Disebutkan oleh Jonathan Lukas (2006:8) bahwa penyambungan sebuah komputer ke dalam jaringan haruslah memenuhi beberapa kriteria yang antara lain sebagai berikut :
1.       Peralatan komunikasi data letaknya berjauhan. Jika kita akan menghubungkan keduanya alat tersebut yang jaraknya ribuan kilometer jelas akan sangat mahal,
2.       Ada banyak peralatan yang saling dihubungkan satu sama lain yang akhirnya akan terbentuk satu utaian rangkaian yang komplek.
Dari kriteria yang disebutkan diatas, justru muncul masalah baru, yaitu kebutuhan akan komunikasi data dan hubungan komputer satu dengan yang lain, namun disisi lain justru timbul biaya yang sangat mahal jika hal tersebut dilakuka. Solusi dari kedua permasalahan yang disebutkan diatas adalah dengan menghubungkan komputer dengan sebuah jaringan komunikasi.
Jaringan komunikasi komputer terdapat dalam beberapa kategori, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut digolongkan menurut area jangkauan:

1.       Wide Area Network
Wide Area Network adalah istilah dari bahasa Inggris untuk menunjukkan salah satu kategori jaringan. Jaringan komputer kategori ini memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan dapat menjangkau wilayah kota atau bahkan negara.
Wide Area Network atau biasa disebut WAN mampu menghubungkan komputer pada jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain. Sehingga memungkinkan pengguna komputer pada jaringan lokal dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer dijaringan lokal yang lain.
Penjelasan tentang WAN juga diutrakan oleh Jonathan Lukas (2006:9) bahwa WAN dipakai secara umum sebagai alat untuk mengatasi jarak geografis yang luas, memakai jaringan publik seperti telepon atau jaringan data paket dan lainnya agar dapat terjadi hubungan komunikasi walaupun jarak yang jauh. Secara khusus, WAN terdiri dari sejumlah switching node yang saling dihubungkan. Ketika data dikirim, ia akan melewatai sejumlah switching node untuk mencapai tujuannya.
Secara tradisional, WAN telah dilengkapi secara khusus agar mampu menggunakan satu dari dua teknologi yang paling banyak dipakai oleh publik yaitu “jaringan switch” atau sering disebut jaringan telepon dan “jaringan paket”.

2.       Local Area Network
Jaringan komputer tipe ini lebih sempit area jangkauannya dibanding WAN. Local Area Network atau yang biasa disebut LAN lebih terbatas pada area-area tertuntu, misalkan sebuah perkantoran atau area sekolah bahkan hanya pada satu ruang lab komputer.
Namun seiring dengan perkembangannya, LAN kemudian mampu menjangkau seisi perkotaan, inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Metropolitan Area Network.
Selain dikenal dengan kategori jangkauan area, jaringan juga dibedakan dalam kategori menurut fungsinya, antara lain :
1.       Point to Point
Tipe ini adalah dengan menghubungkan satu komputer dengan yang lain tanpa adanya hirarki clien dan server sehingga satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data bahkan bisa berbagi pakai perangkat keras dan lunak. Istilah lain untuk fungsi ini adalah peer-to-peer.Gambar dibawah adalah gambaran sederhana jaringan point to point.
  
Gambar 2.1 : Topologi Point to Point

2.       Client-Server
Berbeda dengan point to point, pada tipe ini dikenal adanya hirarki client dan server yang memiliki tugas masing-masing. Server atau sebagai pelayan bertugas dalam mengatur dan mengontrol seluruh fasilitas yang disediakan jaringan, baik penggunaan fasilitas komunikasi data maupun penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras yang hampir selalu bersamaan. Biasanya komputer server berukuran lebih besar dalam hal spesifikasi dari pada komputer lain, karena dia bekerja dengan memamtau seluruh komputer lain yang masuk dalam jaringannya. Komputer lain tersebut disebut komputer client. Berikut disajikan gambar sederhana jaringan client-server.

Gambar 2.2 : Topologi Client-Server
Dalam jaringan komputer, hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lain dihubungkan dengan perangkat jaringan dan dengan susunan tertentu, atau yang disebut topologi. Berikut disajikan beberapa tipe topologi jaringan komputer :
1.       Topologi Bus
Tipe topologi ini adalah seluruh komputer dihubungkan dengan sebuah bus atau bone atau tulang punggung utama. Sehingga dalam satu saluran tersebut terhubung beberapa komputer secara berurutan.
Komunikasi data dari setiap komputer yang terhubung dilakukan dengan melalui bus yang ada, baik mengirim data maupun mengambil data. Namun tidak ada hubunga antara ujung dan pangkal dari bus. Gambaran sederhana topologi bus adalah sebagai berikut :

Gambar 2.3 : Topologi Bus
2.       Topologi Ring
Ada yang menyebut topologi ring dengan sebutan topologi lingkaran, ada juga yang menyebutkan topologi cinci karena memang topologi ini secara garis besar menyerupai lingkaran cincin.
Secara konsep, topologi ini merangkai seluruh komputer yang terhubung dalam sebuah saluran lingkaran yang ada sambungan/ pertemuan antara ujung dan pangkal, sehingga maklum jika disebut lingkaran.
Komputer yang ada didalamnya tetap dapat terhubung satu sama lain, termasuk untuk komunikasi data baik menerima atau mengirim, data tersebut harus melalui ring terlebih dahulu. Lebih jelasnya disajikan dalam gambar berikut:

Gambar 2.4 : Topologi Ring
3.       Tipologi Mesh
Adalah pengembangan dari point to point, bahkan ada yang menyebutkan pure peer to peer.
Disebut demikian karena dalam topologi ini seluruh komputer dalam jaringan dihubungkan satu persatu dengan satu komputer yang lain, bisa dikatakan satu komputer memiliki hubungan privat dengan komputer lain dan demikian seterusnya. Akibatnya jaringan ini sangat rumit, seperti tersaji dalam gambar berikut :


Gambar 2.5 : Topologi Mesh

Dalam postingan berikutnya akan ditulis mengenai jaringan nirkabel.
Untuk versi Bahasa Inggris, klik disini dan disini

Bersambung Ke Sesion 2

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar