Kamis, 09 Februari 2012

Virtual Private Networking (VPN) sesion 2

Dalam postingan sebelumnya di sesion 1 kita sudah membahas tentang jaringan komputer. Dalam sesion 2 ini kita akan melanjutkan pembahasan tersebut menuju arah pembahasan jariangan nirkabel.

Jaringan Nirkabel
Jaringan nirkable adalah sebuah jaringan yang menghubungkan piranti satu dengan piranti yang lain tanpa menggunakan kabel, namun sebagai media penghantarnya menggunakan teknologi gelombang.
William Stallings (2007:2) menjelaskan sepintas perkembangan jaringan nirkabel. Dimulai dari penemuan Guglielmo yang menemukan telegraf nirkabel. Pernemuan tersebut terus berkembang hingga sekarang penggunaan satelit.
Satelit-satelit komunikasi pertama diluncurkan pada dekade 1960-an. Pertumbuhan selanjutnya adalah ditandai dengan perkembangan selular yang luar biasa. Revolusi selular nampak jelas dengan hanya melihat pertumbuhan pasar telepon. Pada tahun 1990, banyak penggunanya sekitar 11 juta orang (ECON99). Namun saat ini, banyak pengguna telepon selualr telah mencapai angka miliaran.
Tidak banyak berbeda dengan jaringan kabel. Jaringan nirkabelpun memiliki beberapa tipe berdasarkan jangkauan. Tipe-tipe tersebut adalah sebagai berikut :
1.       Wireless Wide Area Networks (WWANs)
Memungkinkan pengguna dengan jarak jangkauan yang sangat luas. Karena jarak jangkau yang sangat luas inilah yang bahkan mencakup sebuah kota atau negara, maka digunakan antena-antena yang kemudian terhubung dengan satelit penyedia layanan. Teknologi WWANs inilah yang banyak kita kenal dengan 2G (second generation) yang termasuk didalamnya Global System for Mobile Communications (GSM), Cellular Digital Packet Data (CDPD) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Bahkan sekarang sedang digiat-giatkan perkembangan  pada  3G bahkan 3,5G.
2.       Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)
Memiliki area jangkauan lebih sempit dari WWANs. Tipe ini biasanya digunakan oleh beberapa gedung dalam sebuah wilayah kota, atau antar gedung dalam satu lingkup komplek universitas.
Tipe ini juga sering digunakan sebagai pembantu jaringan kabel yang sudah ada.  Sehingga jaringan ini bisa bekerja saat jaringan kabel mengalami gangguan dan demikian sebaliknya.
3.       Wireless Local Area Networks (WLANs)
Seperti halnya LAN hanya bedanya ini tidak menggunakan kabel, jaringan ini digunakan untuk kebutuhan lokal atau pribadi, selain karena jangkauannya yang tidak terlalu luas namun biaya perawatan yang juga relatif murah. Jaringan ini biasa digunakan pada lingkungan kantor, sekolah atau laboraturium komputer.
4.       Wireless Personal Area Networks (WPANs)
Lebih bersifat personal, karena lebih digunakan untuk kepentingan orang per orang. Jaringan ini mengijinkan penggunanya membangun jaringannya sendiri dalam jarak tak lebih dari 10 meter baik untuk berkomunikasi ataupun bertukar data. Saat ini tipe jaringan ini yang banyak dikenal adalah bluetooth dan infrared yang memanfaatkan jaringan radio.

Bersambung ke sesion 3
Baca juga artikel Virtual Private Networking (VPN) sesion1: Jariangan Komputer

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar