Sabtu, 10 Maret 2012

Berbagi kemudahan dengan Samsung Galaxy Young

Ini kali pertama menikmati hp/ smart phone dengan operating sistem Android. Sebelumnya menggunakan android masih berkutat dengan hp os java. Karena saya pikir os java kebal terhadap virus dan menawarkan banyak aplikasi yang bahkan bisa di download dengan gratis.

Hingga suatu ketika pengen banget hunting tablet, waktu itu pengen samsung galaxy tab, yah sekalian mencicipi android dan gadget lain. Rupa-rupanya galaxy tab harganya selangit, eh disaat bersamaan seorang mbak cantik mnghampiri dan menawarkan smartphone keluaran terbaru samsung berbasis android. Berikut spesifikasi samsung galaxy young :

Well, secara desain hp ini unik. Tidak terlalu besar dan pas dikantong. Terlbih galaxy young sudah dibekali dengan android 2.3 (terbaru saat ini). Satu hal yang bikin tertarik adalah dengan kameranya, meskiun hanya 2MP namun jepretannya bening banget, dan saat dipindah kekomputer, ukuran gambar hasil jepretan bisa pas dengan layar monitor resolusi 1024 x 768. Benar-benar sebuah pengalaman baru dalam menangkap gambar dengan kamera hp tapi hasilnya sebening ini.

Kamera memang tidak dilengkapi dengan lampu flash, sehingga dia agak kalah jika digunakan motret malam hari atau didalam ruangan dengan cahaya yang kurang maksimal, pasti alamat dapet noise. Namun coba saja jika motret siang hari dengan keadaan cahaya yang maksimal, wow bahkan warna yang dihasilkanpun sangat sedikit pergeserannya.

Galaxy young yang melengkapi diri dengan layar sentuh capasitif agak membingungkan bagi yang pertama kali pegang touch screen, wah bakal jadi belepotan. Selain karena permukaannya yang halus, layarnya juga sensitif banget dan sangat cepat merespon perintah. cocok sekali bagi yang suka smssan, chat, atau ngegame sekalipun. Bahkan adek ane juga ugal-ugalan pake smartphone jebolan samsung ini, dia nonton film aja di hp.Gak heran, karena layar yang bening dan beresolusi tinggi bahkan menyamai monitor komputer.

Sementara fitur yang paling menarik adalah adanya auto sync pada phone book dengan akun di google. Jadi dengan otomatis data kontak yang ada di akun google akan masuk pada nama-nama di dalam phone book secara otomatis selama yang kita berikan di akun google dan phone book sama persis. Ini bsa terjadi selama ada koneksi internet. Demikian halnya dengan kontan yang ada di akun facebook.

Jika khawatir dengan biaya yang mahal dari operator mengenai layanan data. Bisa memanfaatkan layanan vpn yang juga sudah ditanam dalam hp ini dan yang pasti juga ada fasilitas wi-fi.

Jika bicara tentang kelemahan. Satu-satunya yang dirasakan adalah seting mp3 menjadi nada dering pesan maupun dering panggilan. Agak ribet caranya karena diharuskan mengatur sistem folder. Bagi yang belum pernah/ jarang otak-atik sistem folder cara yang satu ini bisa bikin jengkel. Namun setelah ketemu caranya, mp3 yang kita gunakan sebagai dering pesan/ panggilan suaranya bisa kenceng banget meskipun volume diseting posisi tengah.

Dalam satu paket pembelian, selain hp dan batere juga diengkapi dengan charger, kabel data,  earphone dan memory micro sd 2gb. Jangan tanya giman enaknya pas dengerin musik atau radio dari earphone bawaan samsung ini. Bahkan ane berani bilang suaranya berani diadu ame synheiser sekalipun.

Baca juga koleksi artikel serupa, klik disini

1 komentar: