Kamis, 24 Mei 2012

The Nine Team Role 01 : Personality Development ses 3

Dari artikel kemaren sudah dibahas tentang teori kepribadian dan teori Belbin. Kini kita bahas tentang The Nine Team Role yang terbagi dalam tiga cluster, pebahasan kali ini lebih pada cluster Thinking/ celebral. 

Plant (PL)
Karakteristik
Plant adalah mereka yang menjadi inovator dan penemu serta memiliki kreativitas tinggi. Mereka menghasilkan ide-ide sebagai perkembangan utama. Biasanya mereka menyukai untuk bekerja sendiri, terpisah dari anggota kelompok yang lain, menggunakan imajinasi mereka dan sering bekerja dengan cara yang tidak ortodoks.


Mereka cenderung untuk bersifat introvert dan bereaksi dengan kuat terhadap ujian dan kritik. Ide-ide mereka mungkin menjadi radikal dan kurang terkontrol. Mereka adalah orang yang indenpenden, cerdas dan memiliki gagasan baru, walau mungkin lemah dalam mengkomulasikannya kepada orang lain yang memiliki cara berbeda.

Fungsi
Fungsi utama dari PL adalah untuk membangkitkan saran-saran baru dan memecahkan permasalahan yang komplek. Para PL sering diperlukan pada saat permulaan bekerja atau sebagai pencipta produk baru. Oleh karena itu pada PL biasanya dikenang sebagai para pendiri perusahaan atau sebagai pencipta produk baru.

Bila jumlah PL dalam perusahaan terlalu banyak, hal ini bisa menjadi kontra produktif karena mereka terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menonjolkan ide-ide mereka sendiri dan berselisih pendapat dengan orang lain.

Resouces Investigators (RI)
Karakteristik
Resources Investigator adalah mereka yang memiliki antusiasme dan cepat tanggap. Mampu berkomunikasi dengan sekitarnya, baik bila ia berada dialer dan diluar lingkungan perusahaan. Mereka memiliki kemampuan untuk melakukan negoisiasi dan menyelidiki kesempatan-kesempatan yang bersifat baru serta membina hubungan.

Walaupun bukan sebagai sumber ide-ide baru yang utama, RI efektif dalam menangkap ide-ide orang lain serta mengembangkannya. Seperti yang disebutkan dalam namanya, mereka terampil dalam menemukan apa yang tersedia dan apa yang dapat dilakukan

Mereka biasanya diterima dengan hangat oleh orang lain karena sikapnya. RI memiliki kepribadian yang tenang dengan naluri ingin tahu yang kuat serta kesiapan untuk melihat kemungkinan pada hal-hal baru. Namun demikian, tanpa adanya dorongan dari orang lain maka antusiasme mereka akan cepat hilang.

Fungsi
    TI berguna untuk mengeksplorasi dan melaporjkan kembali tentang ide-ide, perkembangan dan sumber diluar kelompok. Mereka adalah pilihan terbaik untuk mengatur kontak ekternal dan melaksanakan negosiasi lanjutannya. Mereka memiliki kemampuan untuk berfikir dan menyelidiki informasi dari orang lain.

Coordinator (CO)
Karakteristik
Aspek yang paling menonjol dari Coordinator adalah kemampuan mereka untuk menyebabkan orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama. Dewasa, mempercayai dan percaya diri, mereka dapat mendelegasikan dengan segera.

Dalam hubungan interpersonal, mereka dengan cepat dapat mengamati bakat individual dan menggunakannya untuk mencapai tujuan kelompok. Walau CO mungkin bukan orang yang paling cerdas dalam kelompok, namun mereka memiliki pandangan yang luas dan umumnya dihormatia orang.

Fungsi
Fungsi CO paling tepat bila ditugaskan mengurus sekelompok orang dengan keterampilan dan karakteristik pribadi yang berbeda-beda. Mereka akan lebih baik berhubungan dengan rekan yang kedudukannya setara atau mendekati daripada mengatur bawahannya. Slogan mereka mungkin saja adalah konsultasi dengan kotrol dan biasanya mereka mempercayai untuk mengatasis masalah secara tenang. Pada beberapa perusahaan, CO cenderung untuk bertentangan dengan shapers karena mereka meiliki gaya manajemen berlawanan.

Shapers (Sh)
Karakteristik
Shapers adalah orang yang memiliki motivasi tinggi dengan energi yang besar dan kebutuhan mencapai prestasi yang tinggi. Biasanya mereka adalah orang ekstrovert yang agresifa dan memiliki semangat kuat. SH senang menantang pihak lain dan keinginan mereka adlaah untuk menang.

Mereka sering memimpin dan mendorong orang untuk bertindask. Jika ada halangan mereka berusaha untuk melintasinya. Keras kepala dan assertive, mereka cenderung untuk menunjukkan respon emosional berargumentasi dan mungkin kurang memiliki pemahaman interpersonal. Mereka memiliki peranan paling kompetitif dalam tim.

Fungsi.
SH umumnya menjadi manajer yang baik karena dapat menggerakkan dan bertahan menghadapi tekanan. Mereka paling mampu membangkitkan suatu tim dan paling berguna untuk satu grup pada saat komplikasi politis cenderung memperlambat kerja. Sha cenderung untuk mengatasi masalah semacam ini dan terus bergerak maju.

Mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan dan tidak takut membuat keputusan yang tidak populer. Seperti namanya, mereka mencoba untuk memaksakan suatu bentuk atau pola pada aktivitas atau diskusi kelompok. Mereka mungkin menjadi anggota kelompok yang paling efektif untuk menjamin tindakn yang positif.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar