Senin, 30 Juli 2012

Catatan Kaki 6 "Candi Wendit, Monumen Titah Sang Raja"

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia Jilid II terbitan Balai Pustaka, dijelaskan bahwa Pu Sindok di masa awal Mataram Kuno Jawa Timur sempat memerintahkan orang kepercayaannya untuk membangun sebuah tempat peribadatan di sekitar Gunung Bromo. Dicurigai, tepat yang dimaksud adalah Mendit sekarang, didaerah Malang.

Foto yang disajikan disamping adalah koleksi wikipedia, belum ada keterangan tentang waktu kapan foto tersebut diambil.

Namun, setelah ditelusuri lebih jauh, tidak ditemukan adanya candi Mendit. Bahkan masyarakat sekitar dan penduduk asli semenjak kecil tidak pernah mendengar adanya candi Mendit.

Hipotesa yang kemudian muncul adalah kemungkinan candi tersebut ditutup oleh pemerintah, baik pemerintah Hindiaa-Belanda maupun pemerintan Republik Indonesia. Alasan penutupan candi biasanya terkait alasan kemanan, atau bahkan sengaja diboyong ke museum Leiden Belanda.
Saat ini, di lokasi yang sekarang berdiri taman wisata Mendit, terdapat makam/ punden/ petilasan Mbah Kabul yang dinyakini sebagai utusan kerajaan untuk membuka lahan didaerah tersebut.
Asal muasal Wendit secara fakta belum ditemukan sumber sejarahnya. Namun legenda mengatakan perihal kemunculan Wendit adalah karena adanya peristiwa pergeseran gunung Widodaren.

Akibat pergeseran tersebut, suku yang berdiam di lereng gunung Bromo kesulitan mencari sumber mata air suci yang biasa digunakan untuk petirtan. Sehingga para pendeta bertapa hingga turunnya wahyu bahwa petirtan muncul dan mengarah ke Malang.

Dikatakan juga dalam legenda dan erita rakyat yang diyakini kebenarannya oleh penduduk sekitar, bahwa para pendeta mempercayakan pada bangsa monyet/ kera untuk menjaga tempat tersebut, bahkan sampai sekarang banyak dijumpai banyak species monyet ditempat tersebut.

Keberadaan candi Mendit belum diketahui secara pasti letaknya. Bahkan pihak pengelola termasuk juru kuni tidak mengetahui perihal candi tersebut.

Keberadaan candi ini dalam teks-teks sejarah memang tidak banyak disebutkan, namun semasa pemerintahan Belanda, Candi ini menjadi salah satu situs sejarah yang diteliti. Namun saat Be Smart Be Positif tiba dilokasi, justru sama sekali tidak ditemukan keberadaan candi ini.

Be Smart Be Positif sengaja mengunjungi daerah Wendit, tepatnya ditempat yang sekarang didirikan tempat rekreasi wisata air Wendit. Alasan Be Smart Be Positif mendatangi tempat tersebut adalah :
1.    Adanya kesamaan nama antara candi Wendit dengan nama daerah, karena biasanya ada hubungan erat antara nama keduanya seperti halnya candi Borobudur yang berada di kecamatan Borobudur,
2.    Taman wisata Wendit adalah taman wisata air dengan air yang berasal dari sumber Widodare. Sebuah kesamaan dengan perintah Raja Pu Sindok pada para pendeta untuk mencari mata air Widodaren,
3.    Dalam bangunan candi, ada petirtan, maka bisa jadi mata air yang ada di taman rekreasi Wendit adalah petirtan,
4.    Hipotesa atas beberapa petunjuk sejarah yang menyebutkan bahwa Raja Pu Sindok membangun sebuah candi di lereng gunung Bromo, dan desa Wendit memang merupakan jalan/ jalur menuju gunung Bromo.

Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu media komunikasi bagi pembaca atas keberdaan candi Wendit yang belum ditemukan oleh Be Smart Be Positif. Di sekitar Wendit, banyak ditemui situs-situs sejarah lain yang belum dikenal secara luas. Be Smart Be Positif telah berencana akan berkunjung ke tempat-tempat tersebut dan membongkar misteri didalamnya.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar