Jumat, 27 Juli 2012

Komunikasi Efektif Dan Mengenal Serta Mampu Bersikap Asertif Dalam Berkomunikasi


Postingan ini adalah tugas yang dikerjakan oleh kelompok 9 dengan anggota 
Ahmad Agus H (08211017)
Achmad  Wahyu Ari Wibowo (08211001)
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Personalty Development

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJAMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ASIA
MALANG
2012

Isi diluar tanggung jawab Besmart Bepositig


PENGERTIAN




Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan.

Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
1.      Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2.      menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
3.      pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
4.      Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.

5.      Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihk komunikan.
Berbicara tentag minat atau awareness di pihak komunikan, dapat dikemukakan bahwa minat akan timbul bilamana ada unsure-unsur sebagai berikut :
·         Tersedianya suatu hal yang menarik minat.
·         Terdapat kontras, yaitu perbedaan antara hal yang satu dengan lainnya, sehingga apa yang menonjol itu menumbuhkan perhatian.
·         Terdapat harapan untuk mendapat keuntungan atau mungkin gangguan dari hal yang dimaksudkan.
Itulah beberapa hal saja yang dapat menimbulkan sesuatu komunikasi yang efektif. Sudah barang tentu untuk menciptakan keefektifan tidaklah semudah yang dipaparkan dalam tulisan diatas, karena factor-faktor lain seperti kejiwaan, lingkungan dan budaya turut memainkan peranannya.

Komunikasi efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks (Mingay, 2005: 2; dan Soller, Lesgold, Linton dan Goodman, 1999: 1-8). Dianggap penting karena ragam dinamika kehidupan (bisnis, politik, misalnya) yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut muncul.

Stephen Covey menekankan konsep kesalingtergantungan (interdependency) untuk menjelaskan hubungan antarmanusia. Unsur yang paling penting dalam komunikasi bukan sekadar pada apa yang kita tulis atau kita katakan, tetapi lebih pada karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Jika kata-kata atau pun tulisan kita dibangun dari teknik hubungan manusia yang dangkal (etika kepribadian), bukan dari diri kita yang paling dalam (etika karakter), maka orang lain akan melihat atau membaca sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi efektif adalah karakter yang kokoh yang dibangun dari pondasi integritas pribadi yang kuat.

Syarat utama agar komunikasi itu efektif adalah kredibilitas. Keterampilan komunikasi antar perorangan adalah kemampuan untuk terus menerus membangun kredibilitas dan dapat dipercayanya segala apa yang kita komunikasikan. Untuk membangun kredibilitas harus ada isi pesan yang jelas, suara/intonasi dalam menyampaikan pesan dan wahana bagaimana orang itu menyampaikan pesan. Jadi semakin seseorang tidak konsekuen dengan ketiga hal tersebut, maka akan menentukan kredibilitas sesorang, semakin tidak konsekuen akan menjadi semakin “tidak dipercaya”.

Johnson, Sutton dan Harris (2001: 81) menunjukkan cara-cara agar komunikasi efektif dapat dicapai. Menurut mereka, komunikasi efektif dapat terjadi melalui atau dengan didukung oleh aktivitas role-playing, diskusi, aktivitas kelompok kecil dan materi-materi pengajaran yang relevan. Meskipun penelitian mereka terfokus pada komunikasi efektif untuk proses belajar-mengajar, hal yang dapat dimengerti di sini adalah bahwa suatu proses komunikasi membutuhkan aktivitas, cara dan sarana lain agar bisa berlangsung dan mencapai hasil yang efektif.

Menurut Thomas Leech dalam bukunya Say it like Shakepeare, ada lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu: (1) Pengirim pesan (sender), (2) Pesan yang dikirimkan (message), (3) Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media), (4) Penerima pesan (receiver), (5) Umpan balik (feedback). Leech menambahkan, bahwa untuk membangun komunikasi yang efektif, setidaknya kita harus menguasai empat keterampilan dasar dalam komunikasi, yaitu membaca-menulis (bahasa tulisan) dan mendengar-berbicara (bahasa lisan). Begitu pentingmya, banyak orang menghabiskan waktunya untuk melakukan,paling tidak,salah satu keempat keterampilan itu.

Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.
Dalam berkomunikasi ada beberapa pengelompokan perilaku yang biasa ditunjukkan oleh seseorang. Diantaranya pengelompokan berdasarkan bagaimana seseorang bisa mengungkapkan kebutuhan dirinya sendiri dalam hubungannya dengan kebutuhan orang lain. Bagaimana mengidentifikasinya?
PENGERTIAN KOMUNIKASI ASERTIF (ASSERTIVE COMMUNICATION)
Komunikasi asertif merupakan komunikasi yang berdiri pada titik tengah antara komunikasi pasif dan agresif  dimana komunikasi ini mengedepankan cara pandang untuk mengemukakan pendapat dan perasaan tanpa memaksakan kehendak serta tidak melanggar hak-hak orang lain.  Tipe komunikasi ini selalu mensinergikan sudut pandang yang berbeda sehingga tercipta suasana yang win-win solution diantara kedua belah pihak.  Dalam berkomunikasi secara asertif memiliki pembelajaran-pembelajaran yang terkandung dan menghasilkan penjelasan-penjelasan yang baik, mendengarkan dan menghargai sudut pandang yang berbeda dengan melihat perbedaan dari sudut pandang positif.
PERILAKU ASERTIF
Gaya berkomunikasi (style of communication) juga sangat berpengaruh terhadap perilaku atau tingkah laku sehari-hari baik berkomunikasi pasif, asertif dan agresif.  Tingkah laku yang tumbuh dalam diri menggunakan komunikasi asertif antara lain:
1.       Menjelaskan tentang perasaan, kebutuhan dan tujuan yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang berhubungan.
2.      Mampu berkomunikasi secara sabar tanpa bermaksud menyerang orang lain.
3.      Tegas dalam menentukan pilihan tanpa memaksakan kehendak kepada orang lain.
4.      Bermain dalam ketentuan yang jelas dan rasional
5.      Mengatakan kebenaran dalam mempertahankan tujuan walaupun muncul konflik tetapi selalu menjaga perasaan orang lain.
6.      Tetap berpandang positif dan baik dalam menghadapi suatu permasalahan.
7.      Percaya diri dan terbuka
8.      Mampu memberi dan menerima umpan balik hal-hal positif dan negatif
9.      Cara pandang yang positif dan optimis
10.  Mengerti tentang bernegoisasi diantara perbedaan-perbedaan pendapat orang lain

TEKNIK KOMUNIKASI YANG BERKAITAN DALAM PERILAKU POSITIF ASERTIF
Ada beberapa teknik yang berkaitan dan berhubungan dalam perilaku positif asertif antara lain:
1.       Menggunakan ekspresi yang nyaman untuk dipandang, selalu menjaga pandangan mata secara baik.
2.      Menjaga intonasi dalam memberikan ketegasan tapi dapat menyenangkan orang lain.
3.      Mendengarkan secara baik lawan bicara yang sedang mengatakan sesuatu
4.      Menanyakan pertanyaan apabila membutuhkan penjelasan
5.      Selau berpandang untuk menemukan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah.
Perilaku asertif dalam berkomunikasi
Ciri:
  • Berani mengungkapkan pikiran, perasaan, kebutuhan, hak pribadi, dengan
  • memperhatikan pikiran, perasaan orang lain
Asertif perilaku yang:
  • Memperhatikan kebutuhan dan perasaan diri sendiri, namun juga
  • Menghargai hak orang lain
Isi pikirannya:
  • Percaya, menghormati diri dan orang lain
  • menekankan penyelesaian masalah secara efektif
Tanda non verbal:
  • Suara sedang, namun tegas
  • menatap langsung,
  • tidak mendominir ekspresi wajah dan postur relax
Contoh seseorang dengan perilaku asertive dalam mengeluarkan pendapat:
  • ‘Saya berpendapat … bagaimana pendapat anda?
  • ‘Masalah ini akan saya hadapi dengan cara ini. Bagaimana efeknya
KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa hal perlu diperhatikan dalam berkomunikasi sehari-hari.  Komunikasi yang tidak baik akan menimbulkan suatu paradigma yang berbeda dimana paradigma yang negatif dapat menimbulkan suatu perselisihan atau konflik diantara beberapa pihak seperti yang dapat kita lihat didalam keseharian situasi negara kita.  Hambatan-hambatan yang harus dihindari untuk mencegah adanya konflik yaitu:
1.     Tidak mengerti asumsi-asumsi, cara pandang, perasaan dan paradigma  kita sendiri secara baik dan benar
2.   Tidak mengerti asumsi-asumsu, cara pandang, perasaan dan paradigma dari orang-orang dengan siapa kita mencoba berkomunikasi.
3.    Tidak berusaha mengharmoniskan hal-hal dalam poin 1 dan 2
4.    Kurang kontak antar manusia yang produktif
5.    Kurangnya iklim yang kondusif yang memungkinkan orang lain bisa bebas berbicara dan memberikan usul-usul dan ide-ide
6.    Gagal mendengarkan dengan baik apa yang ingin dikatakan orang lain sebelum memberikan komentar dan usul-usul
7.    Gagal menangkap kandungan emosi dalam kata-kata orang lain
8.    Kurang rasa saling percaya, saling menghormati dan saling yakin kepada orang lain
Semoga perilaku dan berkomunikasi secara asertif dapat diterapkan dalam dunia kerja serta diharapkan dapat menumbuhkan hubungan harmonis diantara orang-orang yang saling berinteraksi.

Video yang berhubungan :



Untuk download artikel ini dalam bentuk makalah, klik disini
Untuk download artikel ini dalam bentuk slide ppt, klik disini 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar