Sabtu, 04 Agustus 2012

Menciptakan energi positif dalam setiap aktifitas sehingga dapat menciptakan gairah dalam kehidupan


Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Personality Development
STMIK ASIA Malang

Disusun oleh :
Budi Fajar S
Irene Kalalembang
Sona Ahsanul

1.    Membiasakan Diri Hidup Sehat
Untuk hidup sehat hendaknya, manusia menyelaraskan dengan alam. Energi manusia, selain didapat dari energi alam, juga didapat dari makanan dan minuman. Kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mencukupi kebutuhan makanan, hal ini untuk kebutuhan jasmani. Kebutuhan akan makanan bukan hanya jasmani , tetapi rohani. Makanan rohani adalah pikiran dan perbuatan yang membuat hati bersih dan hati yang tenang. Selain itu pola hubungan diri kita dengan orang lain dan lingkungan sekitar juga memberikan pengaruh atas terpenuhinya kebutuhan rohani atau tidak.
Beberapa usaha kecil yang dapat kita lakukan seperti ;
1.    Tanamkan niat dalam hati jika kita memang bersungguh-sungguh mendambakan hidup yang sehat ada pada diri kita.
2.    Berikan motivasi untuk giat menjalankan kebiasaan pola hidup sehat.
3.    Biasakan pada hal-hal kecil terlebih dahulu untuk membentuk hidup yang sehat, seperti peduli pada gejal kecil munculnya penyakit, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan, dsb.
4.    Mulai pikirkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
5.    Sebaliknya, kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi kesehatan seperti makanan siap saji, dan mengkonsumsi jenis makan tertentu secara berlebihan.
6.    Giatkan kembali olah raga setiap hari demi mendapatkan tubuh yang semakin bugar.
7.    Peduli terhadap tanda-tanda atau gejala awal kemunculan sebuah penyakit. Penanganan sedini mungkin lebih baik karena dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi.
8.    Ciptakan suasana lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan asri untuk kita tempati sehari-hari.
9.    Gerakan usaha go green dengan setidaknya memiliki beberapa tanaman untuk penghijauan dan menambah kesan peduli lingkungan di sekitar rumah.
10. Berikan pendidikan sejak dini kepada sanak saudara kita akan pentingnya menjaga pola hidup yang sehat pada diri sendiri, kerabat, dan lingkungan sekitar.
Hidup sehat adalah hidup yang menyenangkan.
Usaha untuk mencapai pola hidup yang sehat pun tidak harus dibarengi dengan biaya yang mahal. Yang terpenting bagi diri kita adalah mulai “action” untuk sesegera mungkin menjalankannya.
Muailah dari diri sendiri dan hal-hal kecil di sekitar kita. Pikirkan tentang kesenangan atas manfaat yang akan kita peroleh, dan seketika kita pun akan termotivasi untuk mengerjakannya.
2.    Ciptakan Ide–ide Cemerlang
Berpikir kreatif tumbuh subur apabila ditunjang oleh faktor personal dan situasional, yaitu kecerdasan kognitif untuk selalu melahirkan gagasan-gagasan baru dan gagasan –gagasan yang berlainan. Selain itu memiliki sikap terbuka, sikap yang bebas, otonom dan percaya pada diri sendiri. Salah satu cara untuk merangsang ide-ide cemerlang , antara lain melalui brainstorming.
Untuk bisa menghasilkan ide anda harus melibatkan kreatifitas anda ! Permasalahannya, banyak orang berpikir bahwa mereka tidak kreatif karena mereka tidak bisa menggambar atau melukis. Meski demikian, kreatifitas tidak berkaitan dengan menjadi seniman, tetapi lebih pada soal ide !
ide akan memimpin anda meraih kesuksesan di segala bidang ! Setiap orang itu seperti suatu mata air ide. Jika anda memerhatikan fakta bahwa anda punya 100 milyar neuron di otak, itu berarti anda sama saja dengan salah satu mesin yang ada di sana. Jadi, tidak ada yang dapat menghentikan anda untuk menghasilkan ide-ide hebat, tidak peduli siapa anda dan bidang apa yang anda geluti.
Orang jenius mencipta ide bagus karena kita semua mencipta ide bagus. Itulah kegunaan pikiran kita yang bersifat adaptif. Seorang salesman harus mau berpikir kreatif untuk menghasilkan ide-ide baru anda untuk mencapai Target anda !
Jika Target yang di berikan kepada anda misalkan 200 juta, maka sudah anda tetapkan target anda pribadi menjadi 400 juta, sbab dengan anda double target anda, maka anda akan berpikir 2 x lebih keras lagi dan 2 x lebih kreatif lagi untuk memunculkan ide-ide cemerlang anda !
ide membuat orang menjadi hebat, tetapi bagaimana orang-orang hebat itu bisa memiliki ide
Cara menciptakan Ide:
Ide-Ide adalah bagian dari kreativitas kita.... Biasanya ide terbentuk sebagai hasil kerja dari otak kanan kita... Seringkali kita menghadapi yang namanya kehabisan ide... Nah kenapa kita bisa kehabisan ide? Jawabannya adalah karena kita terlalu serius memikirkannya!!!! Ide adalah bagian dari pekerjaan otak kanan.... Seringkali Ide muncul saat kita sedang bersantai...
di sini akan membagikan beberapa kegiatan dan tempat yang bisa membantu dalam mencari ide-ide cemerlang :
1.      Toilet
90% dari ide ditemukan ketika saya termenung di toilet termasuk ide dalam menulis posting-posting di blog
3.    Browsing Internet
Jika anda sedang jenuh dengan pekerjaan anda. Cobalah untuk sekedar browsing-browsing di internet. ide-ide cemerlang akan segera muncul di pikiran anda
4.    Rekreasi
Cobalah untuk mengambil cuti dari tempat anda bekerja. Pergilah berekreasi ke pantai, kebun binatang, pegunungan dan sebagainya untuk menciptakan ide
5.    Body Message
Nikmati sensasi pijat setelah seminggu penuh anda bekerja lembur. Pasti anda akan terpikir ide-ide kreatif
6.    Membaca
Membaca di sini tidak harus membaca bacaan yang berat untuk dibaca. Ambilah majalah / komik untuk memanjakan otak anda setelah seharian bekerja
TAHAP-TAHAP MENCIPTAKAN IDE CEMERLANG
a. Uraikan pokok masalah dan tulislah dalam berbagai sudut pandang. Apabila pikiran lagi kurang mood, anda bisa minta pendapat orang lain tentang persoalan tersebut
b. Ungkapkan setiap permasalahan yang muncul dan buatlah pertanyaan-pertanyaan
c. Buatlah peta-peta masalah dihubungkan dengan apa yang mempengaruhi dan apa saja yang dapat terpengaruh oleh permasalahan yang ada
d. Biarkan ide-ide muncul. Tulislah sebanyak-banyaknya. Hindari mengevaluasi ide yang baru muncul
e. Setiap ada ide yang muncul tulislah, hindari mengevalusi ide-ide tersebut
3.    Berpikir Positif
Adalah cara berpikir yang memandang segala sesuatu dari sudut pandang kebaikan dan nilai manfaatnya. Berpikir positif sering juga diartikan sebagai berparasangka baik. Dengan berpikir positif, tidak berarti hilangnya sikap untuk waspada. Namun bagi orang berpikir positif, sikap waspada tidak didasarkan pada adanya kebencian, rasa permusuhan, dan rasa curiga yang berlebihan kepada orang lain. Orang-orang yang berpikir positif selalu bersikapr optimis dalam menghadapi berbagai macam situasi dan kondisi.
Anda pasti tau bahwa untuk menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia dapat dicapai dengan cara berpikir positif. Mungkin teman-teman sudah pernah sering mendengar saran ini baik dari teman, kolega, buku, jurnal hingga dari para motivator kondang. Namun berapa banyak diantara Anda yang masih belum dapat benar-benar mempraktekkannya dalam gaya hidup sehari-hari! Ntah karena bingung ataupun masih terlena dengan pola pikir lama yang cenderung negatif. Nah, disinilah akan dibagikan tips bagaimana bisa mengembangkan pola pikir positif agar selalu beredar dalam gaya hidup Anda sehari-hari. Caranya tentu saja dengan dengan mengenali ciri-ciri mindset orang yang berpikir positif. Ayo kita coba tiru jalan pikirannya.
Pikiran Positif dan Negatif Menular
Setiap dari kita mempengaruhi orang-orang yang kita temui, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini terjadi secara naluriah, dalam pikiran bawah sadar anda, yang terpancar melalui pikiran dan perasaan, serta bahasa tubuh kita. Orang di sekeliling kita dapat merasakan aura kita dan dipengaruhi oleh pikiran kita, juga sebaliknya. Wajarkah jika kita ingin berada di sekitar orang-orang yang positif dan menghindari orang-orang yang negatif? Orang lebih tergerak untuk membantu kita jika kita bersikap positif, dan mereka tidak menyukai dan menghindari siapapun yang bersikap negatif.
Pikiran-pikiran, kata-kata, dan sikap negatif akan menghasilkan mood serta tindakan yang negatif dan tidak menyenangkan. Semua hal ini akan berujung pada kegagalan, frustrasi, dan kekecewaan.
a.  Melihat masalah sebagai tantangan
     Coba bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya seakan-akan paling sengsara di dunia.
b.  Menikmati hidupnya
     Berpikir positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.
c.  Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
     Supaya Anda menerima hal-hal baru yang dapat mengubah kehidupan Anda menjadilebih baik.
d.  Singkirkan pikiran negatif seketika setelah pikiran itu terlintas di benak
     Jika Anda memelihara pikiran negatif lama-lama, bisa-bisa Anda malah membangunkan singa tidur yang seharusnya tidak apa-apa malah menimbulkan masalah.
e.  Mensyukuri apa yang dimiliki
     Dan bukan berkeluh-kesah tentang hal-hal yang tidak dimiliki.
f.   Tidak mendengarkan gosip yang tidak menentu
     Sudah lumrah yang namanya gosip berteman baik dengan pikiran yang negatif. Karena itu para pemikir positif akan berusaha menghindar untuk terlibat dalam omongan yang tidak ada manfaatnya.
g.  Tidak buat alasan, tapi langsung buat tindakan
     Anda tentu pernah mendengar kata NATO (No Action Talk Only). Yang jelas, para pemikir positif bukanlah penganut aliran ini. Begitu juga dengan NARO (No Action Review Only), NADO (No Action Dream Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), NAMO (No Action Meeting Only), dan NASO (No Action Strategy Only).
h. Menggunakan bahasa positif
     Gunakanlah kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti: “Saya pasti bisa!”, “Tidak ada persoalan yang terlalu sulit untuk dipecahkan.”, “Dia memang berbakat.”
i.    Menggunakan bahasa tubuh yang positif
     Seperti senyuman, berjalan dengan langkah tegap, gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Para pemikir positif biasa berbicara dengan intonasi dan gerakan tubuh yang bersahabat, antusias dan hidup.
j.   Peduli pada citra diri
     Dengan berusaha tampil baik. Bukan hanya diluar, tapi juga di dalam.
4.    Berkata Hanya dengan Niat Baik
Niat baik akan mendorong terciptanya suasana yang menyenangkan, karena komunikasi dijalin dengan ketulusan dan adanya keinginan untuk berada dalam suatu perubahan yang baik. Selain itu, seseorang yang berbicara dengan niat baik akan terhindar dari perkataan yang tidak bertanggung jawab, ketidakjujuran dan gosip.
5.    Mengelola Hobi Menjadi Lebih Bermakna & Bermanfaat
Orang yang dapat menyatukan hobi dengan bisnis tentu akan mendapatkan keuntungan ganda. Pada satu sisi hobinya tersalurkan, pada sisi lain dapat menjalankan bisnis dengan penuh kegembiraan karena memang bergelut dalam dunia hobinya. Sebaiknya hobi tertantu memberikan manfaat yang besar , juga mendukung pencapaian cita-cita yang telah ditetapkan. Bahkan hobi dapat di jadikan sebagai pengembangan bisnis.
6.    Membahagiakan Orang Lain
Adanya sikap untuk selalu membahagiakan orang lain memberikan gairah hidup yang positif bagi diri sendiri dan orang lain. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, semuanya memiliki kebutuhan untuk merasakan ketenangan , nyaman, dan rasa nyaman, pada saat berada di antara sesamanya.
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan. Salah satunya adalah dengan cara membahagiakan orang lain. Ketika rasa bahagia yang berasal dari diri kita itu bernilai seratus, maka rasa bahagia yang berasal dari orang lain itu bernilai dua kali lipatnya.
Siapa yang tidak senang ketika melihat orang lain merasa bahagia? Setiap manusia memiliki keterikatan, meskipun mereka tidak saling kenal. Bayangkan saja seolah-olah ada kabel tidak terlihat yang terhubung antara orang yang satu dengan yang lain. Ketika melihat seseorang terkena musibah, orang-orang yang mengetahui hal tersebut akan ikut merasakan kesedihannya. Hanya orang sirik yang bahagia ketika orang lain merasa sengsara.
Sebagai manusia yang hidup, kita tentu ingin tinggal di dalam lingkungan yang penuh dengan kegembiraan, canda, tawa, dan senyuman. Dengan berada di dalam lingkungan yang bahagia, maka kita pun akan ikut merasakan bahagia. Rasa bahagia ini memiliki dampak sistemik, dimana kelak kita juga bisa membuat orang lain bahagia dengan menjadi bahagia.
Kebahagiaan pada orang lain, tidak selalu muncul begitu saja. Kita bisa saja membuat kebahagiaan itu sendiri, yaitu dengan cara membantu orang di sekitar kita, menyapa, mengajak bicara, bercanda, membuat kejutan yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Bentuk perhatian tulus dan wajar yang kita berikan selalu dapat membahagiakan orang lain. Meskipun tak berbalas, rasa bahagia itu akan tetap bernilai besar. Tentu saja akan lebih lagi ketika orang lain melakukan hal yang sama kepada kita.
7.    Perbaiki Penampilan Lahiriah
Setiap kalau kita berinteraksi dengan orang lain perhatian pertama yang dapat di lihat dari mereka adalah penampilan lahirnya. Demikian cara kita memakai baju, celana, sepatu, potongan rambut, make up, postur tubuh, air mata, cara tutur kata, cara memandang orang lain merupakan cara kita memperkenalkan diri pada lingkungan luar. Suka atau tidak suka , penampilan lahir merupakan cermin dari kepribadian kita karena walaupun tidak bertanggung jawab atas keadaan fisik di wariskan secara keturunan , kita secara sadar , telah mengubahnya selama perjalanan hidup kita sehingga ciri-ciri tersebut selaras dengan kepribadian kita.
8.    Mengasah Kecerdasan Emosi
Adalah mengendalikan segala perasaan berdasarkan kejujuran dan ketulusan suara hati kepada diri sendiri. Setiap manusia memiliki emosi. Emosi adalah petensi manusia yang menggerakkan jiwa untuk mengeluarkan perasaan yang di alaminya. Mengasah kecerdasan emosi juga memerlukan usaha untuk melatih agar suara hati tidak tertutup dan tidak terbelenggu oleh prasangka-prasangka buruk oleh kepentingan sesaat. Dan oleh ketidakjujuran pada ndiri sendiri.
9.    Meditasi, Doa, dan Kepasrahan
Secara hakiki manusia memerlukan keseimbangan lahir dan batin. Keseimbangan hidup dapat diperolah antara lain dengan mengkondisikan fisik maupun batin dalam suasana yang tenang, damai, penuh harapan, serta adanya kepasrahan pada Tuhan Yang Maha Esa.
Langkah meditasi yang umum digunakan antara lain :
a.     Duduklah dengan tenang, enak dan santai, dapat duduk bersila atau di kursi.
b.    Pusatkan pikiran untuk meditasi.
c.    Posisi tulang punggung harus tegak lurus.
d.    Tempelkan lida pada langit–langit mulut.
e.    Tutuplah mulut dan pejamkan mata.
f.     Berdoa sesuai dengan keyakinan.
g.    Ucapkan kalimat airmasi yang intinya adalah doa untuk kebaikan manusia dan lingkungan kita.
h.    Bernapaslah secara alami.
i.     Pusatkan pikiran pada masuk keluarnya napas sampai terasa halus serta pikiran
j.     Berdoa kembali. 
Hal-hal yang Dapat Dihasilkan dari Pemikiran dan Hidup yang Positif
Pemikiran yang positif dapat mengubah hidup Anda, serta membuat Anda sukses dalam setiap usaha yang ingin Anda kejar. Berikut ini adalah beberapa cirri seseorang yang memiliki pemikiran positif:

1. Rasa percaya diri.
Bila kita seorang yang berpikiran positif, kita akan yakin pada diri kita sendiri serta pada orang lain. Berkat pikiran yang positif ini kita menjadi lebih berkeinginan untuk mencoba hal-hal yang baru serta mencoba berbagai kesempatan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan lebih banyak pula hasil yang kita peroleh.
Ketika kegagalan terjadi, rasa percaya diri kita tidak akan berkurang. Sebab kita tahu bahwa kegagalan itu tidak akan mengubah diri kita, dan kita yakin bahwa keberhasilan itu kelak akan muncul serta menjadi yang terbaik bagi kita.
2. Inisiatif.
Percaya diri juga menjadikan kita orang yang penuh inisiatif. Keyakinan bahwa hidup ini positif dapat menimbulkan keinginan kuat dalam diri kita untuk mencoba hal-hal yang baru. Orang yang yakin bahwa hidup ini negative akan selalu menunggu dan berharap agar hal-hal buruk tidak terjadi pada diri mereka. Sedangkan orang-orang berpikiran positif, senantiasa bergerak untuk mencoba pengalaman-pengalaman baru serta mewujudkan hal-hal yang baik.
3. Ketekunan.
Bila kita yakin bahwa hal-hal yang positif akan terjadi pada diri kita, maka kita akan tetap tekun berusaha hingga hal-hal positif itu benar-benar muncul. Bahkan bila ada berbagai halangan sekalipun, kita tetap pantang mundur sebab kita yakin keberhasilan menanti kita. Singkatnya, kita tidak akan mudah melarikan diri dari suatu masalah.
4.Kepemimpinan.
Belajar untuk menjadi pemimpin besar membutuhkan proses yang lama, namun ini bisa kita mulai dari hubungan kita dengan orang lain. Orang tidak akan mau mengikuti seseorang yang tidak mereka sukai. Jarang sekali dijumpai orang yang benar-benar menyukai orang-orang yang negative.
Seorang pemimpin yang baik adalah yang bisa membesarkan semangat dan harapan-harapan kepada anak buahnya. Ini berarti, kalau kita ingin menjadi pemimpin yang baik kita harus mampu menanamkan suatu harapan pada orang-orang di sekitar kita bahwa mereka bias mencapai sukses. Kita juga harus bias menanamkan kepercayaan diri mereka. Dan yang juga penting diingat adalah bahwa kita harus bias pula memotivasi orang untuk bias meraih cita-cita mereka.

5. Kreatifitas.
Sang jenius Albert Einstein pernah mengatakan, “ Menurut pengalaman saya, suatu hasil karya kreatif yang terbaik tidak pernah tercipta ketika seseorang sedang merasa sedih.”
Jika pikiran kita tertuju pada hal-hal positif, akan tumbuh keinginan besar pada diri kita untuk terus menyelidiki, bertanya, serta mencari tantangan-tantangan baru. Bila kita seorang yang positif, kita akan melihat bahwa dunia ini penuh dengan kemungkinan-kemungkinan yang tiada terbatas.

6. Perkembangan.
Jika kita bersikap positif, banyak pintu terbuka lebar buat kita. Salah satunya yang paling utama yaitu pintu peluang untuk tumbuh berkembang. Sikap yang baik membuat kita haus akan perkembangan, dan pada kenyataannya perkembangan yang terus berkesinambungan merupakan salah satu sifat yang umumnya dijumpai pada sebagian besar orang-orang sukses.

7. Kemampuan menghasilkan sesuatu.
Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negative. Yang perlu kita garis bawahi di sini adalah bahwa jika kita seorang yang berpikiran positif, kita pasti mampu menghasilkan sesuatu. Dalam hal ini kita akan lebih banyak beraksi daripada bereaksi.

Untuk unduh file presentasi .ppt, klik disini
Daftar Pustaka

Video yang berhubungan dengan materi tersebut :


0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar