Selasa, 28 Maret 2017

Endorse, Menakar Kembali Keefektifannya

Endorse Adalah, Endorse Artis, Endorse Instagram
Endorse Adalah, Endorse Artis, Endorse Instagram, Endorse Selebgram, Endorse Itu Apa Sih, Endorse Gratis, Endorse Lipstik, Endorse Artis Termahal, Cara Endorse Artis, Cara Endorse Selebgram

Sederhananya, endorse adalah mengirimkan produk Anda ke publik figur untuk ikut dipromosikan di akun socmed miliknya. Bole artis yang memang selebriti, juga bole pada orang-orang yang memang populer di social media. Meskipun secara kebahasaan, endorses berarti menyetujui sesuatu.

Ini menjadi pendapatan lain untuk artis, baik yang sepi job maupun artis yang banyak job. Mengenai tarif endorsepun beraneka ragam, berkisar puluhan ribu bahkan menyentuh angka jutaan, atau ada pula yang gratis asalkan Anda mengirimkan produk Anda padanya. Ini tergantung nego personal antara Anda pemiliki produk dengan si artis.

Namun, apakah efektif promosi dengan metode ini ?

Efektifitas metode ini bisa mendongkrak penjualan Anda jika dari awal Anda sudah mengenali siapa konsumen dan seperti apa konsumen Anda. Dengan data tersebut, memberikan tolak ukur pada siapa orang/ artis yang akan di endorse. Disadari atau tidak, perilaku artis selalu diikuti oleh orang baik peggemar maupun haters. Salah-salah, justru produk Anda bukannya banjir konsumen, malah ikut-ikutan bajir haters.

Bukan rahasia lagi, Andapun juga paham sesiapa saja artis yang banyak penggemarnya atau banyak hatersnya. Artis yang lebih banyak prestasi tentu berbeda dengan artis yang banyak sensasi.  Memang, sensasi dalam tataran tertentu mampu mengangkat sebuah nama untuk kembali muncul ke publik, namun di posisi tertentu, sensasi justru memberikan efek antipati pada suatu hal, termasuk artis.

Adalah pilihan yang salah misalkan Anda jualan produk yang positif, misal baju muslim, lalu Anda endorse ke artis yang muncul penuh sensasi dan minin prestasi. Ini adalah kesalahan fatal, artis gemar memproduksi sensasi negatif memang namanya terangkat, pun berbanding lurus dengan jumlah haters yang semakin meningkat. Ini sangat tidak bernilai jual.

Jika Anda jualan baju muslim, maka ikutilah artis yang memang menebarkan energi positif. Yang sesuai dengan tipikal konsumen Anda. Kemana konsumen Anda selama ini menggemari artis, maka itulah juga jalan yang bisa di tempuh. Meskipun ini hanya kecenderungan, tapi memang demikianlah pasar.

Pasar adalah tempat jual beli dan tempat dimana issu bisa berkembang subur. Orang membeli sesuatu bukan hanya karena kebutuhan atau karenba keinginan, namun juga karena hembusan issu yang dibungkus dengan berbagai sudut pandang keilmuan, tentu namanya issu, kebenarannya masih sangat labil.

Pun issu juga mempu menggiring orang menjauhi sesuatu. Termasuk produk Anda, jika salah menempatkan endorse, maka bukannya orang berbondong datang, malah tergiring menjauh. Bukan membenci objek produk Anda, tapi orang menjauhi karena subjek artis endorse karena kelakuanya sehari-hari.


Keefektifan endorse adalah Anda sendiri yang menentukan. Pastikan memilih artis/ publik figur yang sesuai dengan kecenderungan konsumen Anda. Bukan semata-mata pilihan dan egosentris Anda. Konsepnya, pasar bukan arena politik untuk adu idealisme, tapi pasar memiliki skemanya sendiri.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar