Sabtu, 13 Mei 2017

Awas Bahaya Candu Internet, Untung atau Buntung?

Kecanduan Internet Pada Anak, Kecanduan Internet Pada Remaja, Akibat Kecanduan Internet
Kecanduan Internet Pada Anak, Kecanduan Internet Pada Remaja, Akibat Kecanduan Internet, Arti Kecanduan Internet, Dampak Kecanduan Internet, Efek Kecanduan Internet, Fenomena Kecanduan Internet, Kasus Kecanduan Internet, Kecanduan Internet Pada Mahasiswa, Ciri Kecanduan Internet

            Semenjak internet menjadi salah satu fasilitas yang sangat diminati oleh berbagai lapisan masyarakat, secara instan dunia di sekeliling kita tumbuh menjadi era candu internet. Kemajuan teknologi memiliki peran penting dalam perkembangan internet di dunia, dimana hal tersebut dilingkupi oleh makna positif maupun negatif. Segala aktivitas masa kini hampir semuanya terhubung oleh internet atau sistem online, dimulai dari hal kecil seperti pembayaran air dan listrik, pemesanan tiket kereta api, paket data di smartphone kita, hingga pembelajaran materi di kampus yang kini tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Bahkan, kecanduan internet memiliki istilah tersendiri dalam dunia medis, Internet Addiction Disorder (IAD). Membludaknya para pengguna internet tak lepas dari banyaknya hal menarik yang dapat menambah rasa antusias dan menekan sisi psikologis diri kita didalamnya. Secara tak sadar, bermain internet telah masuk dalam kategori kegiatan dominan yang rutin dilakukan oleh diri kita sehari-hari. Sehingga mau tak mau, perlahan  internet merayap menjadi rasa adiktif yang mempengaruhi dan merubah gaya hidup kita. Hal ini berlaku bagi berbagai kalangan masyarakat dari berbagai umur, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

            Dalam menggali profit untuk memenuhi kebutuhan finansial hidup, tentu internet merupakan media yang terbukti efektif dalam mengembangkan suatu bisnis. Namun di bidang lainnya, apakah internet mendatangkan untung.. atau buntung?

1.      Merubah Mindset
Dibalik hal-hal positif yang ditawarkan, internet memiliki dampak negatif lainnya. Internet mampu merubah mindset seseorang menjadi lebih dangkal. Hal ini karena kita mulai beranggapan bahwa segalanya bisa diandalkan oleh internet, sehingga diri kita sering mengentengkan suatu pekerjaan dan memilih yang praktis-praktis saja, no challenge. Misal, saat melakukan tugas kita menganggap gampang karena adanya Mbah Google atau google.com, sehingga kita bertindak tanpa melakukan usaha terlebih dulu karena menyerahkan segalanya pada Google saja. Selain itu, internet dapat menanamkan mindset individual, karena diri kita cenderung memilih interaksi secara online daripada berhubungan langsung di dunia nyata atau face to face, sehingga merubah pola komunikasi manusia dalam berinteraksi.

2.      Merubah Gaya Hidup
Hadirnya internet telah mempertipis jarak antara satu individu dengan satu individu lainnya, bahkan lingkupnya sangat luas sampai ke berbagai dunia. Terkadang, hal ini mendorong diri kita masuk ke dalam tahap persaingan untuk menjadi yang terdepan, atau tidak mau kalah dengan lainnya. Sehingga, sebagian orang baik secara sadar maupun tidak, rela melakukan apa saja demi mengejar bangku utama dalam tahap persaingan. Berbagai cara dilakukan untuk dapat memenuhi standar gaya hidup yang terkadang bukan style kita demi status dalam lingkaran hidup disekitarnya. Bagi individu yang tidak tahan dalam situasi under pressure atau dibawah tekanan, hal ini akan mendorong diri untuk berjalan ke arah negatif, seperti menimbulkan stress berat, lack of confident, melakukan tindak kriminal seperti penipuan, carding, perjudian, dan lain sebagainya.

Namun, segalanya tergantung kepada diri kita sendiri, dimana kualitas kepribadian diri kita yang akan melakukan filter dala memilah sisi negatif maupun positif dari internet. Diri kita yang mampu untuk menentukan langkah dalam menggunakan internet secara bijak, ingin menjadi untung.. atau buntung?


Ditulis oleh Adellia P. Rani dengan penyesuaian dari redaksi

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar