Rabu, 17 Mei 2017

Fenomena Instagram Dan Anak Muda

Pengaruh Instagram Bagi Pelajar, Pengaruh Instagram Terhadap Mahasiswa, Pengaruh Instagram Di Kalangan Remaja
Pengaruh Instagram Bagi Pelajar, Pengaruh Instagram Terhadap Mahasiswa, Pengaruh Instagram Di Kalangan Remaja, Pengaruh Instagram Pada Remaja, Pengaruh Instagram Terhadap Kehidupan Remaja, Dampak Instagram Bagi Pelajar, Dampak Positif Dan Negatif Instagram Bagi Remaja, Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Instagram, Dampak Dari Instagram, Dampak Negatif Dari Instagram.

              Pernah tidak, waktu kita sedang berada dalam acara reuni teman SMP, SMA, atau kuliah, beberapa teman kita menyodorkan pertanyaan atau berkomentar yang sama, “Eh, kamu ada instagram nggak?”, “Follow instagram aku ya!”, “Jangan lupa tag instagramku di foto yang kamu post ya!”, dan berbagai macam lainnya.

              Saat ini, Instagram sudah lekat dihubungkan dengan para generasi muda. Kita dengan mudahnya menemukan akun anak muda yang beredar di Instagram dengan background sekolah, kampus, cafĂ©, wisata alam, dll. Penilitian yang dilakukan oleh tim Pennsylvania State University mengatakan bahwa kebanyakan pengguna Instagram ialah golongan remaja, lebih cenderung mendewakan jumlah Like pada postingan yang mereka upload, dibandingkan komentar ataupun hal lainnya. Dengan kata lain, penelitian menyimpulkan jika anak remaja di zaman sosial media saat ini sangat memperhatikan citra, kemungkinan besar karena keinginan untuk mendapat attention lebih banyak dari para pengguna Instagram lainnya.

Instagram dan anak muda menimbulkah pola perilaku yang semakin mudah untuk dilihat, beberapa diantaranya :
·        Anak muda lebih sering mengabadikan selfie atau momen, sehingga anak muda lebih senang untuk mengumpukan foto-foto selfie atau foto lainnya daripada menerjunkan diri secara langsung dalam momen tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya momen yang terasa secara nyata karena terkadang lebih mengutamakan feed foto yang bagus untuk dipost di Instagram.
·        Kemampuan berkomunikasi di dunia nyata menjadi berkurang karena anak muda lebih terpaku pada gadget masing-masing. Segala hal lebih terhubung ke sosial media daripada kejadaian nyata itu sendiri. Cara berkomunikasi seperi bahasa tubuh dan nada suara perlahan menjadi berkurang.
·        Persaingan dalam berbagai bidang. Hasrat untuk tidak ingin kalah dalam membagikan foto atau video yang menarik membuat kebanyakan orang, termasuk anak muda bersaing dan melakukan segala cara agar mampu mendapatkan feedback atau like dan comment sebanyak-banyaknya. Tak jarang, hal yang dilakukan demi mencapainya harus merogoh biaya besar hingga mempertaruhkan nyawa, seperti beberapa kejadian foto selfie berbahaya yang menyebabkan kematian. Persaingan ini bisa mengakibatkan efek positif maupun negatif bagi para anak muda. Positifnya, anak muda akan semakin berkreatifitas dan membuat inovasi-inovasi baru yang fresh. Efek negatifnya ialah buta dunia sekitar, atau menghalalkan segala cara demi mencapai kepuasan untuk menjadi yang terdepan.
·        Pengaruh buruk juga dapat tersebar dengan mudahnya di sosial media, hal ini terjadi karena anak muda menganggap hal yang buruk sebagai sesuatu yang ‘keren’, sehingga pengaruh buruk tersebuk dengan mudah ditiru oleh yang lainnya.

Sebagai anak muda, hendaknya kita cermat dan teliti dalam memilah informasi dan pengaruh yang didapatkan dari penggunaan Instagram. Membekali mindset dan melihat segala perspektif dari berbagai sisi akan sangat membantu dalam membentengi diri di era sosial media yang semakin meraja lela. Keep positive.


Ditulis oleh Adellia P. Rani dengan penyesuaian dari redaksi

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar