Selasa, 27 Juni 2017

Altavista, Sang Legend yang Terbeli

Altavista Adalah, Altavista Search Engine, Sejarah Altavista Wikipedia
Altavista Adalah, Altavista Search Engine, Sejarah Altavista Wikipedia, Artikel Sejarah Altavista, Sejarah Perkembangan Altavista, Fungsi Altavista, Manfaat Altavista, Jenis Search Engine Dalam Internet, Jenis Search Engine Dan Kegunaannya, Macam Macam Situs Search Engine

                 Sudah tahukah kalian jika Google bukan satu-satunya search engine yang tersedia di internet? Kita dapat menemukan banyak search engine lain selain Google yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ialah AltaVista. Mungkin bagi sebagian pengguna internet masih awam jika mendengar nama AltaVista, yuk cek penjelasan dibawah ini!

Sejarah Singkat
                 AltaVista diluncurkan sebagai mesin pencari untuk publik pada tangal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com. Nama Altavista terinspirasi dari nama daerah di dekat perusahaannya, yaitu Alto Palto. AltaVista berasal dari hasil penelitian Digital Equipment Corporation’s Western Research Laboratory yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pencarian file agar menjadi lebih mudah bagi jaringan publik. Sempat terjadi perselisihan mengenai siapa pencetus ide asli dari AltaVista, antara Louis Monier sebagai penulis crawler dan Michael Burrows sebagai pengindeks.
                 AltaVista mencapai kesuksesan saat traffic atau lalu lintasnya ayng terus meningkat. Pada hari pertama, Altavista menghasilkan 300.000 hits hingga dua tahun kemudian menjadi 80.000.000 hits per hari. Hal ini tak lepas dari kemampuan AltaVista dalam melakukan pencarian website sehingga menjadikan AltaVista sebagai topik populer penulisan dalam berbagai artikel dan buku. Penghasilan yang diraup dari pendapatan sponsor mencapai $50.000.000 US pada tahun 1997.
·        Tahun 1996 > AltaVista sebagai penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo
·        Tahun 1998 > Digital Equipment Corporation dibeli oleh Compaq, berubah menjadi Compaq AltaVista dan mulai meninggalkan bidang internet untuk lebih berfokus pada fitur belanja gratis.
·        Juni 1998 > Compaq dibayar oleh AltaVista Teknologi Incorporated (ATI) sebesar $3,3 juta untuk domain altavista.com
·        Tahun 1999 > Compaq Altavista diluncurkan sebagai web portal untuk bersaing dengan Yahoo. Pada tahun ini Compaq menjual saham mayoritas AltaVista ke CMGI, sebuah perusahaan investasi internet, yang menawarkan penawaran perdana pada bulan April 2000, namun perjanjian tersebut dibatalkan karena gelembung internet AltaVista yang sempat runtuh. Layanan search engine mulai kehilangan pangsa pasar, termasuk Google. PHK dan berbagai permbakan manajemen dilakukan agar AltaVista kembali merajai pasar internet dan kembali memusatkan portal website pada bidang search engine.
·        Tahun 2002 > AltaVista berhasil meningkatkan kualitasnya setelah didesain ulang dan dibeli oleh Overture Service pada tahun 2003.
·        Tahun 2003 > Overture Service dibeli oleh Yahoo, kemudian AltaVista memberikan layanan gratis untuk para penggunanya, yaitu: terjemahan bermerk Babel Fish, yang dapat menerjemahkan teks ke beberapa bahsa secara otomatis.
·        Tahun 2013, resmi ditutup dan dibeli oleh Yahoo.

Kelebihan Altavista
1.   Unggul dalam pencarian halaman web, video, gambar, MP3, audio, dan berita teraktual.
2.      Memiliki “spelling checker” yang akan membetulkan pencarian keyword yang salah secara otomatis tanpa harus diulang.
3.      Memiliki fasilitas Translete yang dapat menerjemahkan beberapa bahasan, baik dari dokumen pribadi maupun hasil pencarian.
4.   Mampu mengindeks lebih dari 550 juta halaman situs.
5.   Memiliki fitur Family Filter yang dapat memfilter situs-situs pornografi agar tidak muncul dalam hasil pencarian, sehingga aman digunakan oleh anak dibawah umur.

Kekurangan Altavista
1.   Pencarian data masih kurang maksimal, karena sering kali hasil pencarian menampilkan data yang tidak ada kaitannya dengan keyword yang dicari.

Wah menarik sekali ya perkembangan search engine AltaVista yang ternyata dulu pernah popluler pada masanya. Kini, AltaVista yang sudah resmi ditutup dan dibeli oleh Yahoo.


Ditulis oleh Adelia P Rani dengan penyesuaian dari redaksi

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar