Jumat, 30 Juni 2017

Jomla, Arternatif Engine Untuk Blog Maupun Web

Joomla Adalah, Joomla Cms Adalah, Module Joomla Adalah
Joomla Adalah, Joomla Cms Adalah, Module Joomla Adalah, Web Joomla Adalah, Software Joomla Adalah, Fungsi Joomla Adalah, Kelebihan Dan Kekurangan Cms Joomla, Apakah Kegunaan Joomla, Apa Kegunaan Joomla, Fungsi Dan Kegunaan Joomla

Ada yang sudah pernah mendengar tentang Joomla? Apa sih Joomla itu? Apa saja manfaat yang dimiliki Joomla? Yuk cek ulasan berikut ini!
Dulu, saat kita ingin membuat web pasti sudah pusing duluan karena harus bersusah payah mempelajari bahasa pemrograman web yang sulit dimengerti, seperi ASP, PHP, Java, dll. Namun kini Joomla hadir menawarkan solusi Content Management System (CMS) yang dapat diakses dengah mudah dan cepat. Joomla pertama kali diluncurkan pada 17 September 2005, versi awal ditetapkan 1.0.0 yang sangat mirip dengan mambo 4.5.2.3.
Namanya cukup unik ya, JOOMLA. Joomla berasal dari kata Swahlii yang berarti kebersamaan. Secara garis besar, Joomla terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu:
·        Webserver, terhubung dengan Inter/Intranet yang memiliki fungsi sebagai penyedia layanan situs dan menggunakan Apache sebagai server web.
·        Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP.
·        Basis Data (MySQL) difungsikan sebagai penyimpanan konten.
Joomla merupakan software atau perangkat lunak untuk melakukan manajemen konten web atau CMS yang menangani publikais web, menghapus web, mengedit web, dan lain sebagainya. CMS sejenis Joomla antara lain; Mamboo, AuraCMS, PHPNuke, dan masih banyak yang lainnya.
           
PENGGUNAAN JOOMLA
Pertama, query string. Query string ialah permintaan akses oleh pengguna terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang terhubung ke Webserver. Selain terdapat URL, query string juga mengandung parameter konten seperti section, category, ID Article, dan lain sebagainya. Berdasarkan parameter diatas, sistem skrip CMS Joomla melakukan kontak dengan database MySQL dan mengambil konten yang diminta sesuai dengan parameternya. Kemudian, konten dan tempelate akan digabung bersama dan kembali ditampilkan sebagai halaman html, gambar, css dan javascript yang menampilkan informasi berupa teks atau gambar sesuai dengan parameter yang ada dalam database.

KELEBIHAN JOOMLA
Selain menyediakan kemampuan untuk membuat aplikasi web yang menarik dengan cara yang mudah, Joomla juga memeliki keunggulan lainnya, ialah:
1.      Joomla dapat membaca file MS. Word, MS. Excel, dan PDF.
2.      Melakukan update halaman utama, halaman artikel, halaman arsip, dan halaman lainnya secara mudah.
3.      Memnambah menu baru; menu utama, menu lainnya, dan top menu.
4.      Mengedit, menambah, mengubah, menghapus konten berupa teks, video, atau gambar.
5.      Mengatur banner sebagai keperluan iklan.
6.      Mengatur Frequently Asked Questions (FAQ).
7.      Mengirim dan mencetak artikel melalui email serta membaca artikel dengan format PDF.
8.      Menambah komponen konten, modul, dan tempelate dari pihak lain seperti forum, kalender, guest book, dan sebagainya.
9.      Membuat arsip dan menampilkan arsip tersebut.
10.  Dll.

Jangan khawatir guys, karena CMS Joomla mudah di install secara online maupun offline. Perkembangan Joomla yang awal versinya 1.0.0 kini telah sampai ke versi 1.0.15 dan berhasil menjadi panutan pengembangan website dinamis dan mudah digunakan. Saat ini versi Joomla ialah 2.5.4.


Ditulis oleh Adelie P Rani  dengan penyesuaian dari redaksi

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar