Selasa, 13 Juni 2017

Hambatan Komunikasi Bisnis Yang Sering Dialami Pelaku Bisnis Online

Komunikasi Bisnis Yang Efektif, Komunikasi Bisnis Antara Para Pihak, Komunikasi Bisnis Antar Pribadi
Komunikasi Bisnis Yang Efektif, Komunikasi Bisnis Antara Para Pihak, Komunikasi Bisnis Antar Pribadi, Komunikasi Bisnis Artikel, Komunikasi Bisnis Fungsi, Pentingnya Komunikasi Bisnis, Bentuk Hambatan Komunikasi Bisnis, Faktor Hambatan Komunikasi Bisnis, Hambatan Dari Komunikasi Bisnis, Kasus Hambatan Komunikasi Bisnis
            Hiya! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu pondasi penting dalam terjadinya proses transaksi dalam dunia bisnis, ialah komunikasi. Komunikasi bisnis merupakan pertukaran pendapat, informasi, tata cara, instruksi yang memiliki tujuan tertentu, terjadi secara personal maupun impersonal menggunakan metode yang sama-sama dimengerti oleh penyampai maupun penerima pesan. Namun, komunikasi bisnis memiliki beberapa faktor hambatan yang perlu dipahami dengan baik. Apa saja sih faktor hambatannya?
·        Hambatan Teknis
Hambatan Teknis bisa terjadi karena faktor lingkungan yang menyebabkan timbulnya dampak pencegahan terhadap kelancaran penerimaan maupun pengiriman pesan. Jika dilihat dari sisi teknologi, hambatan teknis terjadi karena terbatasnya fasilitas dan peralatan komunikasi yang ada. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin mutakhir seperti sekarang ini, hambatan teknis dapat diatasi dengan mudah karena adanya berbagai temuan baru di bidang informasi dan sistem informasi, sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien.

·        Hambatan Semantik
Nah guys, hambatan semantik nih yang biasanya sering terjadi dalam hambatan proses komunikasi bisnis. Hambatan semantik timbul karena adanya hambatan dalam proses penyampaian pesan, pendapat, ide, atau gagasan secara efektif. Semantik memiliki arti studi atas pengertian atau pengungkapan melalui bahasa. Jika pesan, pendapat, ide, ataupun gagasan yang disampaikan kurang jelas, maka hasil tanggapann atau pengertian yang diterimapun juga menjadi kurang jelas walaupun transmisinya baik. Seorang penyampai pesan harus memilih kata-kata yang tepat dan sesusai dengan bidang pembahasan yang dilakoninya, serta membaca dan mempertimbangkan situasi sekitar jika terjadi salah penafsiran kata-kata karena bedanya proses pengertian dari setia individu. Untuk meminimalisir hambatan semantik, diri kita dapat berlatih dengan berbicara di depan cermin, mempelajari kata atau definisi baru setiap harinya dan dipratikkan di dalam kehidupan sehari-sehari.

·        Hambatan Manusiawi
Sama seperti hambatan semantik, hambatan manusiawi juga merupakan hambatan yang sering ditemukan dalam proses komunikasi bisnis karena hambatan manusiawi tumbul dari masalah-masalah pribadi yang dialami oleh para penyampai maupun penerima pesan. Hambatan manusiawi dapat mencakup; perbedaan dari segi umur, cara pandang, mindset, keadaan emosi, status sosial, status jabatan, cara diri sendiri dalam mendengarkan dan menyaring informasi. Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.

Nah, ini dia guys beberapa hambatan dari komunikasi bisnis. Hambatan-hambatan ini dapat kita atasi dengan beberapa cara, seperti meningkatkan produktivitas berlatih dalam berkomunikasi, baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Lalu gerakkan diri untuk mempelajari arti persepsi, karakteristik individu yang berbeda-beda, serta melatih diri untuk meningkatkan profesionalisme diri sendiri sehingga hasil yang didapatkan akan menjadi lebih maksimal. Semakin lancar kemampuan kita dalam melakukan komunikasi bisnis, maka semakin besar diri kita untuk mecapai goal atau target yang dituju.


Ditulis oleh Adellia P. Rani dengan penyesuaian dari redaksi

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar