Kamis, 08 Juni 2017

Pengaruh Sosial Media Marketing Bagi Pelaku Usaha Ukm


Usaha Ukm Rumahan, Usaha Ukm, Analisis Usaha Ukm
Usaha Ukm Rumahan, Usaha Ukm, Analisis Usaha Ukm, Strategi Usaha Ukm, Tips Usaha Ukm, Social Media Marketing Strategy, Social Media Marketing Tips, Social Media Marketing Article, Social Media Marketing For Business, Social Media Marketing London

Sebuah bisnis tanpa adanya perkembangan, sama saja sebuah usaha yang sia – sia. Bisnis tanpa berani mencoba  sesuatu yang baru merupakan jalan yang lurus tanpa arah. Sekarang bisnis sudah banyak dan setiap hari pun mulai terus bermunculan. Dari yang inovatif sampai yang teknologi semua sudah mulai berlomba – lomba untuk berbisnis.

Namun kebanyakan dari pembisnis pemula, langsung mencoba segala cara menggunakan semua tempat yang bisa digunakan untuk menjual. Bisnis yang paling banyak sekarang adalah bisnis di bidang UKM atau usaha rumahan yang dimana pasar mereka biasanya lebih ke tempat – tempat asal dan ingin mengembangkan dengan memperluas jangkauan pasar sebelumnya.

Pemasaran produk UKM ini biasanya dari mulut ke mulut atau melakukan media cetak yang lebih nyata, namun mengikuti jaman, usaha UKM ini mulai mengikuti perkembangan dan menggunakan media sosial sebagai lapak atau meraih pasar yang luas. Beberapa UKM sudah mengganggap bahwa pemasaran lewat mediacetak itu sudah efektif.

Beberapa masalah social media marketing pada UKM adalah :

1. Perasaan Aman
Dengan UKM yang mungkin sudah mempunyai nama pastinya adanya perasaan aman bahwa produk akan selalu terjual dan konsumen sudah betah dengan produknya, namun produsen tidak memikirkan bahwa diluar sana adanya pesaing yang memasarkan lebih dengan menggunakan media social untuk meraih pasar, sehingga pesaing lebih dikenal. Dan jika dibiarkan terus menerus maka konsumen akan menurun sehingga menyebabkan hal negatif bagi bisnis anda.

2. Menganggap Social Media itu mudah
Siapa yang tidak bisa menggunakan social media sekarang? Pastinya semua sudah bisa. Namun kebanyakan cuma mengetahui tentang bagaimana meng-update status tanpa memperhatikan yang lainnya, banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat social media menjadi ladang bisnis. Sesorang harus mampu mengelola akun dan berinteraksi dengan baik sehingga tercipta hubungan yang baik. Mengelola waktu yang tepat untuk promosi dan kecepatan dalam menanggapi konsumen.

3. Kurangnya Tanggapan Followers
Sudah melakukan sedemikian cara namun ternyata belum mendapat respon yang bagus atau diabaikan oleh followers, sudah sangat sering terjadi. Lihatlah apa yang salah dengan sistem marketing, tapi jangan sampai ini membuat anda menjadi malas dan tidak ingin berusaha lagi. Mungkin saja dalam penulisan postingan atau kata – kata yang kurang persuasif bisa menjadi hal yang menyebabkan itu, konsumen menyukai hal yang unik dan lucu namun anda tidak mengikuti kemauan pasar biasanya seperti itu bisa mempengaruhi.

4. SDM yang kurang
Karena usaha UKM ini semua pengelolaan masih dikelola oleh orang sedikit, ada anggapan bahwa media sosial marketing menambahkan beban untuk mereka sehingga tidak bisa konsen untuk satu hal. Namun sebenarnya bisa jika mereka melakukan disiplin waktu dan ketentuan target yang harus diselsaikan dalam sehari. Keterbatasan tenaga kerja juga bisa membuat suatu perkerjaan menjadi tidak efektif, maka dari itu perekruitan SDM sangatlah penting dan menyeimbangkan antara kegunaan mesin dan manusia sehingga bisa terjadi harmonisasi di dalam berkerja.

Ditulis oleh Angelin dengan penyesuaian dari redaksi

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar