Rabu, 06 September 2017

Tidak Penting, Tidak Perlu Belajar Manajeman Part 1 : Anomali Pendidikan

Tujuan Manajeman, Pengertian Manajeman Secara Umum, Fungsi Manajeman Adalah, Materi Manajeman, Sejarah Manajeman, Jurusan Manajeman Pendidikan, Manajeman Pendidikan, Tujuan Manajeman Pendidikan, Ruang Lingkup Manajeman Pendidikan

Tujuan Manajeman, Pengertian Manajeman Secara Umum, Fungsi Manajeman Adalah
Saking tidak pentingnya, manajeman menjadi ilmu yang usang dan malas dipraktekan. Namun tetap saja dimana-mana ada saja lembaga pendidikan yang membuka jurusan manajeman. Tapi sejauh mana keberhasilan pendidikan tersebut ? 

Apakah hanya sekedar gugur kewajiban bagi siswanya datang belajar dan pulang serta sudah mengisi daftar hadir, atau memang memberikan dampak yang nyata dalam kehidupan sosial budaya di negeri ini ?

Manajeman, dalam posisinya di tingkat pendidikan, cukup sebagai pelengkap atas terselenggaranya kegiatan belajar mengajar. Murid yang memutuskan mengambil jurusan ini pun, teramat jarang yang mampu mendeskripsikan apa yang akan dilakukannya setelah lulus dari jurusan ini. Kesimpulannya, belajar di lembaga pendidikan dengan basis manajeman hanyalah penghabis waktu yang sesnantiasa dilakukan oleh banyak anak muda tanpa tau kemana arah selanjutnya. Jurusan ini dianggap populer karena dibuka dibanyak tempat, dan jurusan ini dianggap mudah karena tak lagi bertemu dengan hantu bernama matematik, fisika dan kimia. Serta jurusan ini populer karena anak tetangga juga masuk ke jurusan ini.

Bahkan, perguruan tinggi negeri yang megah-megah dan besar itupun tak mau ketinggalan, berlomba-lomba membuka jurusan manajeman. Ok lah, ini jurusan yang populer, tentu terasa gurih sekali jika banyak mendapat mahasiswa. Terlepas bagaimana kurikulumnya, yang jelas tanpa banyak kata untuk promosi pun, masyarakat sudah mahfum dengan kata dan jurusan manajeman.

Harapannya, selepas berpendidikan di jurusan tersebut, anak didik akan lekas bekerja, lekas mendapat pekerjaan dan tentunya lekas ada perusahaan yang berminat mempekerjakannya. Sehingga semakin banyak anak didik yang terekrut kerja, maka semakin tersohor pula lembaga pendidikan tersebut. Hebatnya, anak didik yang memilih tidak bekerja dan memilih mandiri membuka usaha, menjadi anak tiri dan sama sekali tidak terpandang. 

"Mereka yang terpandang adalah anak didik yang telah diterima kerja. Dan situasi aneh semacam ini berlaku di setiap jengkal di lembaga pendidikan di Indonesia. Ya, masih berpihak pada pola hidup bekerja dibawah tangan. Dan ini seterusnya menjadi identitas. Rasanya cukup menjadi mimpi atas negeri ini menambah jumlah pengusaha menjadi 2% dari total penduknya. Jika lembaga pendidikan pun, masih bersikap seperti ini"

Tujuan Manajeman, Pengertian Manajeman Secara Umum, Fungsi Manajeman Adalah

Perusahaan menbutuhkan keterampilan manajeman, perusahaan membutuhkan banyak tenaga lulusan manajeman. Pendidikan manajeman cenderung mudah. Manajeman jurusan yang terkenal. Rasanya ini hanya sekelumit kisah, atau bisa disebut juga kemunafikan karena sesungguh memutuskan pilihan hanya berdasarkan ketakututan yang ditunggangi kedangkalan pengetahuan.

Mari berkalkulasi. Berapa perusahaan yang membutuhkan manajemen ? dan berapa jumlah lulusan jurusan manajeman setiap tahunnya ? Apakah perusahaan yang dibangga-banggakan dan di elu-elukan itu akan senantiasa menampung para lulusan manajeman ? Atau mereka lebih memilih mempertahankan pegawai yang sudad ada, atau justru akan mengambil tenaga dari asing yang dianggap lebih berkopenten dan tidak mempermasalahkan gaji ?

Manajeman tidak penting, tidak perlu belajar manajeman. Buat apa ?


0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar