Tujuan Manajeman,
Pengertian Manajeman Secara Umum, Fungsi Manajeman Adalah, Materi Manajeman,
Sejarah Manajeman, Jurusan Manajeman Pendidikan, Manajeman Pendidikan, Tujuan Manajeman
Pendidikan, Ruang Lingkup Manajeman Pendidikan
Dalam tataran level
onlineshop, ini sangat luas. Beberapa tahun lalu online shop hanya sebatas
orang perorang yang mencoba menggunakan sosial medianya untuk berjualan, siapa
tau laku, siapa tau laris bisa nambahin uang jajan, bisa nambahin uang dapur.
Dan hanya sebatas ini, belum ada pikiran untuk bergerak dan mendapat lebih.
Tapi semakin kesini,
online shop lapangannya semakin melebar, tidak cukup hanya orang perorang, dan
tidak hanya di huni oleh ibu-ibu yang menggunakan sosial medianya untuk jualan
baju, tapi bahkan perusahaan besar pun rela menggelontorkan dana besar untuk
membangun aset di online dan pula melayani penjualan online. Dengan skema tak
jauh berbeda dengan online shop perorangan.
Dengan semakin
beragamnya online shop, dri berbagai level pemasaran, dari berbagai barang /
jasa yang ditawarkan dan berbagai fasilitas yang diberikan, membuka sebuah
cakrawala baru bahwa dunia baru tengah terbangun disana.
Online shop yang hanya
disepelakan sebagai penipu, menjelma sebagai sebuah kekuatan ekonomi dan
memberikan perputaran uang yang tidak sedikit, bahkan pemerintah mengkaji untuk
menerapkan pajak bagi praktisi online shop, tentu ini karena pemerintah sadar
dan pemerintah memiliki data atas pergerakan uang yang luar biasa jumlahnya.
"Didalam tubuh online shop—karena kebanyakan masih berpiki dangkal—terjadi kerapuhan dimana-mana, hampir di tiap sisi usaha. Alasanya klasik, praktisi/ pelaku/ pebisnis online shop masih saja berpikir hanya jual, hanya jual, hanya jual. "
Lebih dari itu
hanya berpikir hanya beli (kulakan) lalu jual. Dan selesai sampai disitu dan
masih dalam tingkatan dimana online shop yang digelutinya sebatas sebagai
penghasilan tambahan. Adapun yang menjadikan online shopnya sebagai penghasilan
utama, belum dalam tingkatan untuk pengembangan dan kelangsungan bisnis. Masih seperti
oportunis, yang berpikir tentang sekarang, sekarang dan sekarang. Tentang apa
yang dilakukan sekarang dan didapat sekarang, jenjang karir selanjutnya dan apa
yang dipersiapkan di masa mendatang, tidak terbesit sama sekali.
Sangat disayangkan
keadaan ini berlangsung terus menerus dan menjangkiti hampir semua pebisnis
online shop. Padahal data sudah terpampang, pemerintah mulai melirik pajak dari
online shop. Ini artinya memang perputaran uang oleh online shop jumlahnya tak
main-main. Sekaligus sebagai bukti nyata bahwa perilaku konsumen dalam
berbelanja mulai ada modifikasi. Dimana sebelumnya konsumen hanya mau belanja
offline, langsung datang ke toko dan membeli, sekarang konsumen lebih memilih
riset dulu atas produk/jasa yang ia inginkan untuk mendapat harga terbaik.
Pertumbuhan online
shop pun semakin menggila. Online shop baru pun dengan berani menantang para
pemain lama bahkan raksasa sekalipun. Bisa saja pemain baru memang memiliki
kemampuan yang luar biasa baik dalam beriklan, menggunakan metode SEO bahkan
termasuk pelayanan konsumen. Tentu pemain yang telah lama dan kuat pun tak akan
pernah ada kata aman jika tidak upgrade atas kemampuannya. Dalam dunia maya, belum
tentu pemain baru selalu mendapat peran figuran. Mereka yang bertahan dan
semakin kuat adalah yang mampu menambal atas segala lubang yang ada pada
dirinya.
Di part sebelumnya pun,
sudah saya bahas tentang betapa banyaknya lubang yang harus ditambal dalam
tataran manajeman. Dari manajeman yang baik dan tertata rapi, maka lubang mana
yang akan ditambil akan ketahuan bahkan yang tersembunyi sekalipun. Dan inilah
yang membuat usaha semakin kuat. Namun jika malas menambal, terlebih malas
mencari dimana ada lubang, maka akan koyak kain tersebut, maka akan runtuh
usahanya. Ingat, kain paling kuat diduniapun akan terkoyak dan terbelah menjadi
beberapa bagian hanya berawal dari lubang kecil.
Tantang bagi pebisnis
online shop. Bahwa hampir tiap detik
selalu muncul para pesaing baru atas usaha yang Anda geluti. Kemudahan dan
sifat internet yang fleksibel dan mampu dikonsumsi oleh kalangan manapun dan
berbagai usia, maka bukan hal yang sulit pula untuk membuat online shop.
Tinggal Anda, apakah ingin menjadi pemain yang hanya angin-anginan, atau
benar-benar menjadikan online shop Anda sebagai sumber penghasilan. Bedanya,
hanya pada manajemannya.
Manajeman apa ?Dan manajeman yang seperti apa ?Next….
0 comments:
Posting Komentar