Pembicara Internet
Marketing, Pembicara Internet Marketing Malang, Pembicara Internet Marketing di
Malang, Seminar Pembicara Internet Marketing, Pembicara Internet Marketing
Seminar, Seminar Oleh Pembicara Internet Marketing, Pembicara Internet
Marketing Dedy Fajar, Pembicara Internet Marketing Pegasus, Pembicara Internet
Marketing Pelatihan, Workshop Pembicara Internet Marketing
Keseimbangan online
dan offline. Ini mutlak dilakukan. Bagi yang sudah sukses di offline juga harus
menuju online, demikian juga sebaliknya yang sudah sukses di online juga
mestinya menambah aset di offline. Sehingga mampu menangkap pasar lebih luas,
yaitu pasar online dan pasar offline.
Saat ini, di
Indonesia utamanya, pasar memang masih dominan offline, dimana masih banyak
ditemui masyarakat tiap mendekati lebara berbondong-bondong belanja baju ke
toko. Namun tahun ini dan semakin tahun, pola seperti ini akan semakin tergerus
dan beralih ke online, dimana orang tak lagi susah-susah antri, cukup didepa
perangkat elektronik untuk berbelanja. Perubahan perilaku belanja masyarakat ini harus dibaca betul oleh
pengusaha agar usahanya tetap berjalan baik dan tetap memperoleh pasar.
Demikian juga dengan
para produsen. Pola belanja konsumen sudah berbeda, jika dulu produsen
memerlukan agen dan kemudian pedagang besar baru tiba ditangan konsumen. Sekarang
skema itu langsung terpotong, dimana produsen langsung menuju pedagang ritel,
bahkan mulai banyak produsen yang langsung menjual barangnya ke konsumen.
Berkat adanya dunia
maya/ internet. Pola belanja masyarakat semakin menuju dunia digital. Praktis
semakin banyak pengusaha yang berinvestasi masuk dunia maya dan menggarapnya
dengan serius. Tentu ini bukan isapan jempol belaka, tapi ini adalah gejolak
dimasyarakat yang perlu ditelaah, kemana arahnya.
Data menunjukan, dari waktu ke waktu beberapa toko bahkan pemain kelas raksasa bertumbangan karena arus konsumen yang semakin berkurang akibat konsumen mulai beralih belanja ke media online. Saya sempat prihatin beberapa waktu lalu tentang toko ritel raksasa yang pailit, bahkan toko mainan terbesar di dunia pun harus tutup usia dan di beli oleh media jualan online.
Inilah masanya, untuk
para raksasa offline segera koreksi diri. Dan mau tidak mau harus masuk online,
karena dunia bergerak mengarah kesana. Sudah bukan lagi waktunya mempertahankan
idealiseme. Pilihannya hanya dua, masuk online atau ketinggalan jaman. Ketinggalan
jaman = mati.
=========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Mall Online,
Owner Pegasus Academy,
31 Oktober 2017, Malang – Indonesia
0 comments:
Posting Komentar