Kamis, 30 November 2017

Perguruan Tinggi Pencetak Pengusaha Part 01

Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen, Kuliah Bisnis Terbaik, Kuliah Bisnis Terbaik Di Dunia, Kuliah Bisnis Online, Kuliah Bisnis Malang, Kuliah Bisnis Manajeman Terbaik Di Indonesia, Kuliah Bisnis Online Di Malang, Kuliah Bisnis Online Malang

Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen
Memang bukan pertama kali. Beberapa tahun yang lali Perguruan Tinggi ASIA Malang mengundang saya untuk kuliah tamu kewirausahaan, yang dibungkus dengan tajuk Bussines Pragtice. Tak disangka, hingga tahun ini rupanya Perguruan Tinggi berlokasi di Jl Sukarno Hatta Malang ini benar-benar konsisten atas program ini.

Saya pun sangat salut dengan adanya program praktek bisnis untuk mahasiswa ini. Dimana mahasiswa diwajibkan mengikuti program ini bahkan sejak tahun pertama mereka kuliah. Benar-benar dikenalkan bisnis mulai dari materi didalam kelas, hingga aksi dilapangan dan praktek dengan bisnisnya masing-masing. Tentu, sebagai alumni Perguruan Tinggi ASIA Malang, sayapun menaruh harapan besar, program seperti ini dapat melahirkan pengusaha-pengusaha dalam bidang apapun, sesuai bakat minat masing-masing mahasiswa.

Secara umum, negeri ini membutuhkan 2% pengusaha dari total jumlah penduduknya. Dan untuk mencapai jumlah tersebut, bukan melulu peran para pebisnis yang mewariskan usaha pada keturunannya, perlu juga peran para mentor bisnis dalam menggeret pada pemuda untuk sadar bisnis, mulai berbisnis dan tidak berkutat pada lamaran kerja tapi membalik logikanya menjadi penyedia lapangan kerja. Dan tentu, peras aktif lembaga pendidikan dalam mencetak pengusaha-pengusaha baru secara massal.
Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen

Terlepas bagaiaman plus minusnya program seperti ini dilakukan oleh lembaga pendidikan. Tapi hal yang paling saya apresiasi adalah, Perguruan Tinggi ASIA tidak melulu mengarahkan lulusannya menjadi lulusan siap kerja, tidak melulu mencetak lulusan untu berkutat di dunia karyawan, tidak melulu mendoktrin lulusannya untuk bekerja di bawah tangan. Tapi jua memperhatikan bakat & minat bagi mereka yang ingin berwirausaha, memberikan wadah bagi mereka dan tentu memberikan pendidikan bagi para calon pengusaha.

Memang, tingkat pendidikan tidak ada sangkut pautnya dengan kesuksesan. Dan memang, cukup lulusan SD pun mampu menjadi pengusaha. Namun saya yakin pengusaha yang terdidik dan sarjana justru lebih mampu menjadi hebat & kuat.

Sayangnya, program mencetak pengusaha seperti ini belum sepenuhnya disadari dan digarap dengan serius oleh banyak lembaga pendidikan. Salah satu dari sedikit yang menggarap dengan serius adalah Perguruan Tingga ASIA Malang ini. Di luar sana, masih banyak lembaga pendidikan yang selalu saja sibuk mencetak lulusannya untuk siap kerja, siap menajadi karyawan dan siap diterima lapangan kerja. Tidak kah mulai sadar ? bahwa negeri ini butuh lebih banyak orang yang justru mampu membuka lapangan kerja ? Jika dominan lembaga pendidikan masih saja sibuk mempersiapkan lulusan siap kerja sementara jumlah lapangan kerja tidak seimbang. Maka masalah klasik, yaitu pengangguran, akan tetap ada dan bahkan berevolusi menjadi bola salju yang siap menghantam perekonomian bangsa ini.
Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen

Masalah pengangguran bukan melulu urusan pemerintah dan bukan melulu diserahkan pada pemerintah. Peran lembaga pendidikan justru menjadi ujung tombak. Angka pengagguran yang masih saja tinggi bukan hanya disebabkan oleh pola pikir masyarakat yang rendah akibat pendidikan yang rendah, namun juga dipengarui jumlah lapangan kerja yang jauh dibawah. Hebatnya, pengangguran dibangsa ini tidak hanya dihuni oleh mereka yang tak berpendidikan, namun justru di huni oleh para sarjana.


Tanya kenapa ?

*) Foto-foto adalah dokumen pribadi saat mengisi Kuliah Tamu Bussines Practice di Perguruan Tinggi ASIA Malang.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Mall Online,
Owner Pegasus Academy,
28 November 2017, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar