Minggu, 05 November 2017

Marketing Berbasis Issu, Mendangkalkan Keputusan & Mempercepat Closing Part 1

Marketing Online, Marketing Online Strategy, Marketing Online Adalah, Marketing Online Menurut Para Ahli, Marketing Online Di Malang, Marketing Online Properti, Marketing Online Olshop, Marketing Online Tips, Marketing Online Shop, Marketing Online Shop di Instagram

Maraknya artis yang berbisnis kue-kue an, membuat saya berpikir kenapa sindrom ini bisa menjangkiti hampir semua lini artis. Mulai dari artis penyanyi, pelawak, pesinetro, atis layar lebar bahkan artis yang tidak terlalu terkenal sekalipun mencoba nyemplung ke dunia bisnis kue-kue an ini. Belakangan. Baru saya ketahui kenapa hal ini terjadi dan kemana arahnya. Ok, bukan tentang artis yang berbisnis yang akan saya bahasa, rasanya kalo membahas artis yang berbisnis biar jadi urusan infotainment saja.
Marketing Online, Marketing Online Strategy, Marketing Online Adalah

Tak bisa dihindarikan, kesuksesan satu artis dalam bisnis tertentu. Maka mengundang pensaran dan rasa ingin mengikuti, satu mengikuti yang lain dan begitu seterusnya hingga menjamur bisnis kue-kue an di kalangan artis. Padahal jika dikulik lebih mendalam, apakah bisnis tersebut sukses atau tidak, laba atau tidak tak menjadi soal, yang penting sudah ikut dulu, udah ikut-ikutan dulu, sudah mencoba dulu, siapa tau bis ketularan sukses atau bahkan bisa lebih sukses.

Disinilah peranan issu menjadi salah stau faktor utama sebuah bisnis mampu berkembang. Anggap saja seluruh kue yang dijual oleh para artis berasa dari satu vendor. Maka sudah berapa banyak kue yang di distribusikan atau bahkan diproduksi oleh vendor tersebut. Bahkan si vendor tidak perlu mempromosikan produknya, biarlah issu semakin berkembang dan semakin menarik minat para artis lebih banyak untuk ikut-ikutan berbisnis.

Contoh kekuatan issu dalam perdagangan. Bisa Anda lihat dan amati di pasar saham. Sebuah issu belum tentu benar, bahkan baru kabar burung pun sudah mampu memperngarui perdagangan saham. Selalu saja ada saham yang naik maupun turun dari sebuah perusahaan atas dasar issu. Namanya juga issu, belum tentu kebenarannya, namun sudah mampu mempengaruhi harga.

Bahkan terjadi hingga detik ini, dimana kebijakan politik menjadi issu yang selalu hangat karena memang digoreng terus menerus oleh media dan menjadi perbincangan di pasarsaham. Keputusan politik, atau kebijakan yang belum dipublikasikan bahkan baru berupa rumor saja, sudah mempengarui harga saham. Dalam hal ini, issu menjadi kekuatan penting.

Bahkan, karena telah menyadari kekuatan issu, banyak marketer profesional yang sengaja membuat issu demi mendongkrak penjualannya dan mengerek harga setinggi-tingginya. Ya, sengaja membuat issu. 
Tema ini, pernah saya bahas pada seminar Property yang digelar di Papilio Hotel Surabaya. Yang secara panjang lebar membahas peranan issu dalam dunia properti, dan bagaimana menyikapinya issu, baik sebagai pegiat properti, sebagai penjual properti dan termasuk sebagai konsumen properti.

Marketing Online, Marketing Online Strategy, Marketing Online Adalah

Terlebih issu yang berkaitan dengan kesehatan. Masih sangat teringat saya tentang issu mengenai kesehatan yang begiku me-dewa-kan jus (juice) sebagai makanan sehat. Dan semakin ditelusuri memang pada tahun-tahun tersebut pabrikan perangkatelektronik rumah tangga tengah gencar memproduksi produk untuk membuat jus. Betapa hebatnya mereka mencuci otak seluruh lapisan rakyat di negeri ini untuk mempercayai bahwa jus adalah makanan sehat dan makanan terbaik, bahkan mengalahkan sumber-sumber makanan lain.

Untuk mendukung issu ini, tak jarang para marketer ini menggandeng para medis untuk lebih menguatkan argumennya (baca issu). Dan…boom…para ibu rumah tangga akan segera panik, dan melakukan berbagai cara untuk membeli produk tersebut demi bisa mencukupi kebutuhan kesehatan keluarga. Dalam benaknya, ibu-ibu ini tentulah ingin membuat jus sehari-hari, setiap pagi yang menyajikannya untuk keluarga. Akibat termakan issu tersebut, yang dibalut dalam ranah dunia kesehatan.

Apakah jus memang makanan sehat ? Sampai saat inipun saya belum mampu menjawab dimana letak sehatnya jus. Klue nya, buka mulut Anda, lalu masukan jari Anda kedalam mulut dan tutup mulut Anda. Bukankah Anda memiliki gigi ?

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Mall Online,
Owner Pegasus Academy,
5 November 2017, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar