Jumat, 01 Desember 2017

Perguruan Tinggi Pencetak Pengusaha Part 02

Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen, Kuliah Bisnis Terbaik, Kuliah Bisnis Terbaik Di Dunia, Kuliah Bisnis Online, Kuliah Bisnis Malang, Kuliah Bisnis Manajeman Terbaik Di Indonesia, Kuliah Bisnis Online Di Malang, Kuliah Bisnis Online Malang

Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen

Di part ke-2 ini saya berhenti membahas tentang pengangguran. Karena ini masalah komplek dan perlu peran serta dari seluruh mata rantai, dan hanya akan jadi pembahasan dan hanya jadi buah pikir jika tanpa adanya aksi nyata.

Ayolah, jika semua perguruan tinggi tergerak untuk membentuk pengusaha, maka pengangguranpun akan teratasi dan sama artinya kemiskinan bukan lagi problem yang membelenggu. Dengan meningkatnya jumlah pengusaha dengan praktis pula meningkat jumlah lapangan kerja. Kalaupun jumlah pengusaha lebih banyak dan terjadi kekosongan posisi alias kurangnya tenaga kerja, maka akan tergantikan dengan tenaga kerja dari negara lain yang siap memasok. Bukankah lebih bangga kita menjadi bangsa yang memberikan peluang kerja lebih banyak dari pada menjadi bangsa yang menawarkan jumlah pengangguran lebih banyak.

Atau, jika tidak semua perguruan tinggi. Cukup perguruan tinggi di Malang saja. Tercatat data sampai 2017 ada 86 perguruan tinggi begeri dan swasta di Malang Raya. Dan jika dikalkulasi kasar saja, apabila dari masing-masing perguruan tinggi berhasil menelorkan 10 pengusaha, maka tiap wisuda sudah lahir pula 860 pengusaha muda. Dan jumlah ini akan terus bertambah jika perguruan tinggi konsisten dengan program mencetak pengusaha tersebut.

Tentang gampang susahnya. Pada dasarnya sama susahnya, pun sama gampangnya dengan program mencetak sarjana siap kerja. Sama-sama di didiknya, sama-sama dilatihnya, sama-sama digemblengnya, hanya saja berbeda pengarahhnya, mau diarahkan ke sarjana pengusaha atau mau diarahkan ke sarjana siap kerja.

Memang, menyediakan atau mencetak sarjana siap kerja menjadi “bahan dagang” yang mak nyuss terlebih untuk masyarakat non kota. Karena di tipikal masyarakat tersebut frma of reference mereka bahwa kuliah atau belajar adalah untuk selanjutnya mendapatkan pekerjaan, lebih joss lagi kalo mendapat pekerjaan di kota, di kantoran yang pake sepatu mengkilap, berdasi dan dandan rambut klimis. Dan pola pikir seperti ini masih bertahan hingga saat ini, tak heran perguruan tinggi beramai-ramai menyantap “bahan dagang” ini demi mendapatkan peminat atas jurusan yang ditawarkan.
Kuliah Bisnis, Kuliah Bisnis Di Malang, Kuliah Bisnis Manajemen

Namun untuk jangka panjang, ini kurang baik. Selain menambah jumlah pengangguran bergelar sarjana, juga mencetak mind set bahwa kuliah adalah untuk bekerja dan tak akan ada habisnya. Mind set seperti ini terus menerus memberikan asupan kemanjaan pada mental, mental untuk malas menjadi mandiri. Bagaimana tidak manja, jika selalu bergantung pada orang lain ? dan bergantung pada keberadaan lapangan kerja, jika tidak ada lapangan kerja, pun yang dilakukan bukan bangkit membuka lapangan kerja, tapi yang dilakukan malah menyalahkan pemerintah dengan berbagai demi. Mental manja.


Perguruan Tinggi ASIA Malang, menjadi salah satu pioner dalam hal ini. Dimana perguruan tinggi ini bertekad mencetak para pengusaha dengan program Bussines Practice.

*) Foto-foto adalah dokumen pribadi saat mengisi Kuliah Tamu Bussines Practice di Perguruan Tinggi ASIA Malang.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Mall Online,
Owner Pegasus Academy,
30 November 2017, Malang – Indonesia 

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar