Jumat, 02 Maret 2018

Kesalahan Fatal Pengusaha Muda Part 02 : Fokus Pada Pengeluaran

Pengusaha Muda, Pengusaha Sukses, Pengusaha Muda Sukses, Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha, Tips Jadi Pengusaha Muda, Tips Jadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil, Tips Jadi Pengusaha Pemula, Tips Jadi Pengusaha Sukses Tanpa Modal



Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha
Di part pertama, sudah membahas bagaimana bahaya nya menggunakan modal besar diawal, terlebih jika tidak mampu mengelola keuangan tersebut. Masih berbelit dengan urursan di part pertama, justru hal yang dilakukan adalah fokus pada pengeluaran. Modal yang sudah ada di awal dengan besar, dan justru digunakan untuk pengeluaran. Ibarat setali tiga uang, berkutat pada masalah yang sama.

Memang benar, keuangan sebagai modal, dan modal adalah untuk dikeluarkan. Keuangan ada untuk di belanjakan, betul dan memang betul. Tapi ingat, pengeluaran juga wajib dibatasi, bukan semua keuangan untuk pengeluaran jangka pendek atau bahkan instan. Pembatasan inilah yang sangat lemah oleh para pengusaha muda, tidak membatasi pengeluaran dan justru memperbanyak pengeluaran. Pengeluaran yang tidak memberikan pemasukan.

Pengeluaran yang memberikan masukan, tentu pengeluaran yang bersifat pembelian modal. Membeli peralatan dapur misalnya untuk sebuah warung, maka akan menjadi aset yang seterusnya mempermudah aktifitas usaha dan memberikan penghasilan. Membeli motor untuk tukang ojek, membeli gerobak untuk tukang bakso, inilah contoh-contoh pengeluaran yang dibelikan aset sehingga dikemudian hari memberikan pemasukan. Inilah posting pengeluaran yang bisa dipetanggung jawabkan.

Tapi, justru kebanyakan pengusaha muda, sibuk mempercantik diri, sibuk memperlihatkan diri, sibuk mengurusi aktualisasi diri. Modal keuangan yang harusnya untuk membeli aset riil, masak dipergunakan dan sering kali salah posting, salah prioritas, salah tujuan.

Sering terjadi, bukan hanya contoh, tapi sudah menjadi realita. Diawal dapet dana besar. Bukan beli alat aset, malah sibuk beli hp mahal, baju branded mahal, compet mahal dan semuanya mahal untuk mendukung penampilan. Lalu berkilah, ini semua untuk tujuan branding, pemilik bisnis harus terlihat wah, biar orang percaya pada bisnisnya yang wah pula.

Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha
Ok, ini tidak sepenuhnya salah. Tapi, apakah itu benar-benar linier dengan tujuan bisnis. Tujuannya untuk membuka bisnis, mengembangkan bisnis, apa untuk memenuhi kehausan diri sendiri ? Bukankah Bill Gates justru memutuskan tampil sederhana ditiap kesempatan, bukankan Mark pemilik Facebook hanya mengenakan kaos dimanapun ia tampil dan tidak bermobil mewah. Memang keinginan tiap orang untuk selalu dilihat dan tampil wah, tapi itu ada waktunya. Tahan dulu, kendalikan diri. Tidak harus sekarang, ada waktunya nanti kalai bisnis sudah berlimpah dan penghasilan sudah tak terbatas, barulah ber-ulah.

Bedakan mana prioritas dan mana kehausan semata. Seumpama mau buka warung makan yang jualan menu makan murah didepan kampus dengan segmen mahasiswa. Bukalah dulu dengan tenda sederhana, tak perlu harus memulai dengan sewa atau bahkan beli ruko, terlalu berjudi itu namanya, karena cashflow belum ada, tapi modal ugal-ugalan sudah keluar. Tapi ya seperti itulah yang justru malah dilakukan, karena bertumpu pada keinginan untuk tampil dan dilihat wah namun melupakan esensi bisnis yang sebenarnya.

Perlukan memakai jam tangan mewah ? milyaran rupiah, untuk seorang pengusaha muda yang besok belum ketahuan dagangannya laku berapa.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Grup
27 Februari 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar