Sabtu, 03 Maret 2018

Kesalahan Fatal Pengusaha Muda Part 03 : Melupakan Oprasional

Pengusaha Muda, Pengusaha Sukses, Pengusaha Muda Sukses, Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha, Tips Jadi Pengusaha Muda, Tips Jadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil, Tips Jadi Pengusaha Pemula, Tips Jadi Pengusaha Sukses Tanpa Modal

Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha

Masih berkaitan dengan part pertama dan kedua, karena toh selanjutnya juga memiliki keterkaitan yang erat. Dan permasalahan timbul dari satu kait ke kaitan lain. Sehingga dalam penyelesaiannya adalah dengan membereskan satu persatu untuk membenahi yang lain.

Karena dana besar yang diterima sudah habis, habis karena belanja yang bukan aset, dan sudah dibahas di part kedua. Sehingga, oprasional terhenti, akibat tidak mendapat inputan dana. Anggap saja warung makan. Oprasional yang berjalan minimal yaitu beli bumbu, aktivitas memasak yang membutuhkan bahan bakar, dan yang pasti bahan baku pokok. Jika seluruh keperluan ini terlupakan, dan dana sudah kering karena urusan ingin “bergaya”, lalu apa yang akan dijual. Warung tanpa masakan, warung makan tanpa makanan, ibarat wayang tanpa dalang. Hanya diam, membeku dan merasa akibat tingkah laku sang boss yang bergaya.

Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha
Bergaya, memang tidak ada salahnya dan ini adalah hak pribadi. Dan karena ini hak pribadi, maka pun juga paham tentang kapan waktunya bergaya dan kapan waktunya prioritas pada bisnis. Hanya prioritas bisnis tanpa memperhatikan penampilan dan kesehatan diri juga salah, hanya bergaya dan melupakan bisnis juga salah. Adalah porsi yang seimbang dan dalam waktu yang tepat. Meskipun Anda bisnis terasi, tetap Anda harus tampil wangi dan berdasi saat bertemu dengan Bupati. Idealis boleh, tapi ada takarannya.

Hal yang krusial, tapi dilupakan, oleh pengusaha muda, adalah oprasional. Oprasional bukan hanya belanja aset bergerak, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan aset bergerak. Justru dengan adanya oprasional, maka modal akan berkembang dan bisnis berjalan. Dan memang tak bisa dipungkiri, posting dana terbesar seringkali untuk oprasional. Dan karena memakan dana paling besar, maka jadikan oprasional sebagai prioritas dan kerangka berpikir, akan lebih baik jika disediakan anggaran tertentu yang khusus untuk oprasional.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Grup
27 Februari 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar