Senin, 05 Maret 2018

Kesalahan Fatal Pengusaha Muda Part 05 : Tahapan Proses Yang Diabaikan

Pengusaha Muda, Pengusaha Sukses, Pengusaha Muda Sukses, Pengusaha Muda Indonesia, Pengusaha Muda Indonesia, Tips Jadi Pengusaha, Tips Jadi Pengusaha Muda, Tips Jadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil, Tips Jadi Pengusaha Pemula, Tips Jadi Pengusaha Sukses Tanpa Modal

Pahamkah dengan ilmukehidupan, bahwa setiap manusia bahkan setiap makluk hidup hadir ke dunia berawal dari bayi ?

Tapi kenapa melupakan ini, melupakan sebuah kejadian dan membuat aturan sendiri ?

Pun bisnis adalah hidup. Dan bisnis bukan sekedar hari ini esok, tapi juga seterusnya. Yang dperlu ditata, dirawat agar semakin berkembang dari hari ke hari dan memerlukan konsistensi. Bahkan orang tak sekolah sekalipun mampu memiliki kerajaan bisnis hanya dengan bermodal konsisten, seharusnya Anda yang bergelar sarjana tentu memiliki peluru yang lebih komplek dalam berbisnis. Masak kalah sama yang gak sekolah.

Demikian juga bisnis, lahir dan mulai berkembang dari keadaan apa adanya sekarang. Orientasinya untuk berkembang, bukan bertahan dalam posisi dan keadaan yang sama. Jika mengikuti proses ini, memang kecil diawal dan bertahap, tapi dengan mengikuti ini akan mengetahui, menikmati dan mendatangkan hasil yang juga berkembang sesuai porsi. Siapa yang tak ingin bisnisnya sekali buka langsung meledak, tentu semua mau. Tapi meledaknya bisnis ada ukurannya, jangan sampai dengan meledaknya bisnis justru membuat mabuk kepayang dan melupakan faktor-faktor lainnya. Silakan diamati, bisnis yang telah meledak selalu berakhir dengan 2 hal. Yaitu kebangkrutan yang lebih cepat karena mabung kepayang dan yang kedua, menjadi usang lebih cepat.

Jika ingin meledakan bisnis, maka bersiaplah dengan resiko itu. Dan mulai sekarang, amati justru bisnis yang berusia lama, long lasting, adalah bisnis yang tidak mengalami ledakan. Toh pernah mengalami pun tidak serta merta boombastis. Katakan saja Toyota yang meledakan Avanza dipasaran, menjadi mobil sejuta umat, tapi lihat bahwa Avanza tidak sendiri ada pemaik-pemaik kuat lainnya yang mencegah Avanza tidak pernah boombastis, sebut saja Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Grand Livina milik Nissan. Demikian juga Honda yang pernah dengan bangga memiliki Astrea Supra yang meledak saat itu. Tapi toh jangan mabuk, karena ada lawan tangguh Jupiter Z dari Yamaha dan Shogun besutan Suzuki.

Nikmati prosesnya, begitu kata orang bijak. Dalam bisnis, ada saatnya kecil, dan semakin bertumbuh besar. Kuasai bisnis masing-masing secara menyeluruh, sehingga tau kapan saatnya bertahan, kapan saatnya berkembang dan kapan saatnya ekspansi. Di situasiekonomi seperti ini, adalah pilihan tepat bagi bisnis dalam posisi bertahan.

Bisnisnya kecil, diledek orang, kalah gede sama kompetitor. Biarin. Itu hanya penilaian. Dan penilaian tidak berlaku mutlak. Kuncinya pada bagaimana Anda sebagai pemilik bisnis, memiliki wawasan untuk selalu menguatkan dan mengembangkan bisnis. Kuatkan dulu, agar segala pilar bisnis menjadi tangguh, baru kemudian kembangkan. Jangan terbalik, atau justru bisnisnya terliat besar tapi kerapuhan disana sini.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Penulis Indonesia,
Owner Pegasus Grup
27 Februari 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar