Jumat, 27 April 2018

Kenali Karakter Marketplacenya Biar Jualan Laris Part 01


Perkembangan marketplace di Indonesia mengarah semakin naik dan dinamis. Terbukti baik pemain lokal maupun asing rame-rame bikin marketplace dengan berbagai penawaran dan fitur yang memudahkan dan menggoda orang untuk belanja ke mereka. Pun para marketplace ini juga semakin aduhai menggoda para seller/ penjual untuk juga jualan di portal mereka.

Kenali Karakter Marketplacenya Biar Jualan Laris Part 01
Sebut saja TokoPedia dan BukaLapak, marketplace asli bikinan anak negeri yang makin membahana dan bisa disebut sebagai pioner atas dunia ini. Dari awal mereka memberikan wadah bagi pada penjual dan pembeli untuk bertemu menggunakan portal yang mereka bikin. Dan satu lagi ada pendatang baru bernama Shopee, yang meskipun pendatang baru dia memberikan kurva yang positif baik untuk total kunjungan maupun kepuasan konsumen dan penjual yang menggunakannya. Ketiga marketplace ini yang menjadi bahasan saya dalam artikel ini.

Karena disaat harga sudah sesak dengan perang, maka disitulah konsumen akan berbicara kualitas.

Salah satu cara agar jualan laris di marketplace adalah mengenali karakternya. Mengenali karakter marketplace sama artinya menembak konsumen yang tepat. Siapa sih yang gak pengen jualannya laris. Nah maka dari itu, dari awal kenali masing-masing karakter marketplace yang akan digunakan untuk jualan. Sangat banyak marketplace di Indonesia yang memberikan lahan untuk jualan dengan tawaran fitur masing-masing, karena banyak inilah maka kenali karakternya, agar jualannya labih gampang dan sesuai dengan target pasar.

Pertama adalah Tokopedia. Marketplace bergambat tas berwarna hijau ini adalah yang paling atas dalam kedudukan jumlah pengunjung. Seperti halnya pasar tradisional yang banyak pengunjung, tentu juga banyak pedagang/ seller didalamnya. Dan yang pasti banyak pula dihuni oleh para juragan. Namun demikian juga tidak tertutup pintu bagi anda penjual baru yang ingin masuk. Anggap saja anak kemaren sore. Tapi tetaplah PeDe. Gak perlu takut dengan apapun.

Di Toped, tidak ada istilah gender, tidak ada istilah premiun, medium, kelas bawah, tidak ada sama sekali. Seluruh gender, seluruh segmen di hantam. Sehingga adalah hal wajar jika buka Toped menemui barang yang sama, bahkan kualitas sama, warna sama persis namun harga berbeda. Ada yang sangat murah ada pula yang sangat mahal. Secara gambar memang sama persis, tapi secara fisik real belum tentu. Ini memang skema pasar dan biasa terjadi di pasar. Sesekali Anda melihat piring yang sama persis baik bentuk dan warna, namun saat di pegang, tentu akan berbeda satu sama lain dan variabelnya adalah harga.

Bagi Anda yang ingin belanja di Toped telitilah dengan ini, cermati fotonya, baca deskripsi barangnya dan reputasi tokonya. Salah-salah malah membayar lebih mahal untuk barang kualitas rendahan. Dan bagi Anda yang ingin jualan di Toped, percaya diri lah, tanpa perlu takut apalagi beringsut dengan persaingan harga yang gila-gilaan.

Memang demikianlah skema pasar, dan ini terjadi dipasar manapun. Dimana semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak pedagang sehingga range harga akan semakin tipis dan terjadi permainan harga. Jika sudah pada posisi seperti ini, PeDe lah dengan harga sendiri tak pedulu mahal atau murah. Yang penting adalah harga sesuai dengan kualitas. Karena disaat harga sudah sesak dengan perang, maka disitulah konsumen akan berbicara kualitas.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis, Praktisi Pengajar Universitas Brawijaya Malang
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Sastra Budaya Indonesia,
20 April 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar