Sabtu, 28 April 2018

Kenali Karakter Marketplacenya Biar Jualan Laris Part 02


Berbeda lagi dengan jualan di bukalapak. Marketplace dengan dominan warna grafis merah mengarah ke pink ini, jangan di indentifikasi sebagai marketplace wanita. Bukan, justru bukalapak banyak dihuni oleh para lelaki.

Kenali Karakter Marketplacenya Biar Jualan Laris Part 02
Gak percaya ?

Tiap pertemuan bukalapak, dimanapun, selalu dominan para sellernya lelaki. Peserta yang datangpun lelaki, termasuk buyer nya pun juga dominan lelaki. Dan inilah petanya. Sehingga tips jualan di bukalapak yang paling gampang adalah jualan produk-produk yang umumnya dikonsumsi oleh para lelaki.
Nah inilah petanya, ini karakternya sehingga tempatnya diri anda untuk jualan apa dan bagaimana dengan melihat ini.

Jadi begini, tips jualan online, terlebih di bukalapak, adalah jualan produk lelaki. Contoh, jualan prosesor komputer. Ya meskipun tidak menutup kemungkinan wanita pun mencari produk ini, tetapi produk ini lebih banyak lelaki yang tertarik. Dan para kaum lelaki memang lebih tertarik dengan produk prosesor komputer dari pada boneka barbie. Lihat ini sebagai peluang dan manfaatkan untuk strategi berdagang.

Beberapa waktu yang lalu, sempat saya bertemu dengan rekan yang sukses jualan di TokoPedia. Dia mengatakan salah satu Tips Jualan Di Tokopedia adalah dengan perang harga,ambil saja harga termurah dan jual barang murah lebih gampang. Ok, ini bisa dilakukan di toped, namun belum tentu hal semacam ini bisa dilakukan di bukalapak. Sekali lagi, pengguna bukalapak adalah para pria, dan para pria tidak sesensitif wanita dalam hal harga. Biasanya, pria lebih peduli pada kualitas barang yang ditawarkan dan tingkat keawetannya.

Berbeda lagi dengan shopee. Karakternya beda tentu jualan di shopee pun memerlukan strategi yang berbeda pula. Demikian juga jika berbicara Lazada. Dulu memang untuk masuk menjadi penjual di Lazada sulit, karena harus setor legalitas yang macam-macam dan sebagai official. Namun sekarang Lazada sudah lebih membumi dengan membuka fitur bagi penjual seperti halnya Toped dan BL dengan registrasi yang sangat gampang dan bisa langsung jualan. Nah, di Lazada pun punya karakter sendiri, sehingga jualan di lazada pun juga memerlukan strategi manis yang kudu diterapkan.

Bertolak dengan BukaLapak, justru Shopee banyak dihuni oleh kaum wanita. Pantas saja banyak sekali yang jual dan beli produk wanita disini. Nah inilah petanya, ini karakternya sehingga tempatnya diri anda untuk jualan apa dan bagaimana dengan melihat ini.

Jualan Online itu ada strateginya jika inginlaris, kecuali jika jualan online cuman untuk coba-coba maupun untuk ikut-ikutan doank. Jualan Di Tokopedia, Jualan Di Shopee, punya karakter masing-masing sehingga persi strategi yang sesuai untuk karakter masing-masing marketpace tersebut. Ingin Jualan Laris Di Tokopedia, ingin jualan laris di bukalapak, ingin jualan laris di shope, maka kenali karakternya, lalu gunakan strategi cantik dan tidak melulu serampangan. Ada baiknya riset, tentang konsumen sehingga mampu memberikan produk sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis, Praktisi Pengajar Universitas Brawijaya Malang
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Sastra Budaya Indonesia,
20 April 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar