Minggu, 08 April 2018

Bisnis Ala Anak Muda Part 03 : Jasa


Marketing Online, Marketing Online Strategy, Marketing Online Adalah, Marketing Online Menurut Para Ahli, Marketing Online Di Malang, Marketing Online Properti, Marketing Online Olshop, Marketing Online Tips, Marketing Online Shop, Marketing Online Shop di Instagram

Marketing Online Di Malang, Marketing Online Properti, Marketing Online Olshop

Berbicara bisnisjasa. Ini tidak bisa disamakan dengan jualan produk. Jualan jasa bisa dikatakan jualannya tak tampak, beda dengan produk yang sekali jual, ada uang ada barang dan terjadi transaksi. Namun jasa, benangnya lebih panjang, karena transaksi bisa terjadi sebelum terbeli jasa namun juga bisa setelah terbeli jasa.

Justru dengan keadaan seperti ini, justru bisnis jasa memberikan percabangan yang sangat banyak dan membuka berbagai peluang untuk bisa bekerja bersama dalam 1 tujuan. Contoh, mungkin juga sudah tayang artikel saya tentang bisnis travel. Dalam rangkaiannya, bisnis travel wisata adalah jasa mempermudah para wisatawan menikmati harinya. 

Sehingga dibutuhkan pengusaha otobus, yang punya banyak bus terawat dan menyewakannya. Bayangkan saja bagaimana sulitnya jika pengusaha travel harus membeli bus sendiri. Akan kalang kabut dia bayar cicilan beli bus. Namun dengan adanya penyedia bus, cukup dengan sewa, dan segala urusan supir hingga perawatan dan segala resiko teknis diluar tanggung jawab pengusaha travel.

Jasa menyewakan, untuk jasa pariwisata. Jasa ke jasa. Disambung lagi dengan jasa pemandu wisata. Ditambah lagi dengan jasa perekam video untuk memori/ album saat berwisata. Dari berbagai macam jasa ini dirangkum dalam satu bentuk jualan jasa. Sangat menyenangkan, semua bekerja, semua dapat lahan, semua dapat untung. Tanpa perlu kompetisi dan inilah kolaborasi.

Mantab sekali jika berbicara kolaborasi bisnis. Termasuk bisnis dibidang jasa sangat available dikerjakan oleh para kaum muda. Carilah bisnis jasa yang sekirasanya sangat minim modal, tahan dulu untuk membeli pralatan dan tahan dulu segala pengeluaran.

Contoh lain. Jasa weding. Tahan dulu untuk beli kursi pesta, diluar sana banyak sekali penyedia kursi pesta yang sengaja disewakan. Tahan dulu beli kostum pengantin, diluar sana berderet-deret salon yang siap diajak kerjasama dan tentu mereka sudah memiliki aset-aset seperti pakaian pengantin, make up bahkan hingga background.
Marketing Online Di Malang, Marketing Online Properti, Marketing Online Olshop

Peran pemuda disini bisa sebagai koordinator, yang memiliki jasa induk yang kemudian dibagikan pada masing-masing pihak ketiga. Clien tentu mengharapkan layanan terbaik dari Anda, dan untuk memberikan layanan terbaik pada clien tak perlu Anda membimbingnya dari awal, tapi percayakan pada masing-masing sub jasa yang memang sudah profesional dibidangnya.

Saat Anda diberi kasus motor mogok. Gak perlu diperbaiki sendiri, bawa ke bengkel profesional, perbaiki disana, berikan cat yang bagus, dan tambahkan layanan oli gratis. Karena klien tidak mau tau bagaimana sepak terjang Anda, yang penting bagi clien adalah pelayanan terbaik atas uang yang “TERBATAS”.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis,
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Sastra Budaya Indonesia,
Owner Pegasus Grup
2 April 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar