Jumat, 13 April 2018

Optimisme Wirausaha Muda Dari UMS


Adalah kesempatan yang luar biasa disaat kuliah berkesempatan belajar wirausaha dan diwadahi oleh kampus dalam kegiatan kemahasiswaan. Inilah kesan yang saya dapat saat mengisi seminar wirausaha di solo tepatnya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Benar-benar beruntung para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, mendapat frame keilmuan baru dengan sangat mudah, didalam kampus dan tentunya gratis. Sayang sekali jika melewatkan kesempatan seperti ini.

Optimisme Wirausaha Muda Dari UMS
Belajar wirausaha sendiri bisa dikatakan sebagai langkah awal untuk selanjutnya menjadi pengusaha, pebisnis, wirausaha sukses. Tentu segala sesuatu diawali dengan belajar. Dan untuk menjadi pengusaha pun juga dimulai dengan belajar. Adalah saat yang tepat selama menjadi mahasiswa selain belajar mata kuliah mayor juga belajar tentang wirausaha. Seminar wirausaha gratis ini diadakan oleh kegiatan mahasiswa LEPMA Fakultas Ekonomi & Bisnis. Semoga sukses untuk kaliah semua, terutama panitia yang bertugas dengan sangat baik hingga terlaksana acara ini.

Belajar wirausaha dengan modal kecil adalah fokus dari materi yang saya sampaikan. Karena pesertanya adalah para mahasiswa, sehingga frame yang saya berikan adalah membuka usaha dengan modal kecil. Bahkan dengan modal uang saku pun sudah bisa untuk membuka usaha. Seperti yang pernah saya bahas di artikel yang lain tentang modal yang tidak melulu uang dan modal uang tidak melulu di awal. 

Belajar wirausaha modal kecil patut diaplikasikan oleh mahasiswa. Anggap saja dengan modal Rp 50rb bisa untuk beli bahan, lalu mulai jualan makanan kecil, semisal pisang goreng pada saat ada acara keramaian. Misal acara jalan sehat di kampus. Memang ini remeh, hanya jualan pisang goreng, tapi langkah kecil inilah yang menjadi apresiasi untuk selanjutnya menjadi bekal mental untuk melangkah ke tahap yang lebih atas.

belajar wirausaha online juga mutlak untuk mahasiswa di jaman sekarang. Anggap saja malu jika jualan pisang goreng keliling, malu jika gelar tikar di acara jalan sehat. OK, bisa gunakan media online untuk jualan. Gunakan instagram untuk media jualanpun juga bisa, facebook dan lainnya. Intinya dari pada socmednya untuk pamer foto gak jelas, mending untuk jualan. Bisadapat duit nambah uang saku.

Terlebih lagi di kota-kota besar yang banyak pelajar, seminar wirausaha banyak digelar oleh beberapa institusi bahkan oleh perbankan, untuk menjaring minat para pemuda yang ingin mandiri dengan membuka wirausaha. Dan saya juga sangat apresiasi dengan pihak kampus UMS telah memberikan kesempatan untuk membuka acara bertema belajar wirausaha bagi pemula. Ini awal yang sangat baik untuk mencetak para pengusaha muda, dari lingkungan mahasiswa utamanya. Akan sangat membanggakan jika mahasiswa yang tercetak berhasil menjadi pengusaha dan mampu mengangkat teman-temannya.

Seminar wirausaha Surakarta yang digelar tanggal 6 April 2018 lalu, besar harapan saya untuk para mahasiswa terlebih peserta dan panitia atas acara ini, menjadi pioner atas harapan baru, bahwa dunia setelah lulus kuliah tidak melulu mencari kerja. Bahwa banyak sekali peluang menjadi wirausaha diluar sana.

Semoga sukses selalu.

==========================
Di tulis oleh Budi (Dedy) Fajar,
Penulis, Praktisi Pengajar Universitas Brawijaya Malang
Pengusaha,
Praktisi Internet & Digital Marketing,
Pendiri Komunitas Pemuda Pengusaha Indonesia,
Pendiri Komunitas Sastra Budaya Indonesia,
9 April 2018, Malang – Indonesia

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar