Sabtu, 14 April 2018

Youtube Sebagai Media Aktualisasi Diri


Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa peran media sosial pada zaman sekarang bukan hanya sebagai media untuk saling bertukar informasi atau komunikasi saja, semakin maju perkembangan fungsi tersebut semakin bergeser. Berkembang menjadi sebuah media untuk aktualisasi diri. Para pengguna media sosial sering kali membagikan aktivitas dalam keseharian yang mereka lakukan.

Youtube Sebagai Media Aktualisasi Diri
Sebagai salah satu contohnya media sosial  yang saat ini sangat digemari dan mulai menggeser keberadaan Televisi adalah Youtube, semakin lama semakin banyak orang yang menghabiskan banyak waktu untuk menonton berbagai video di platform media sosial tersebut. Durasi waktu menonton di Youtube juga lebih meningkat, sementara TV justru malah sebaliknya. Bukan tidak mungkin untuk Youtube suatu ketika akan menyalip TV menjadi pilihan utama untuk menyaksikan berbagai konten yang dapat dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Apalagi di jaman serba cepat seperti saat ini merupakan semakin membuat orang dapat dengan mudah untuk melakukan hal-hal apapun yang ia inginkan terutama juga dalam hal kreatifitas. Media sosial pribadi yang dapat dibuat dengan mudah sebagai media untuk menamoilkan kreatifitas yang mereka ciptakan. Berbagai fitur yang di tawarkan dan disediakan oleh media sosial sendiri juga sebagai bentuk untuk mendukung para pengguna media untuk memfasilitasi mereka dalam hal membuatk konten-konten kreatf yang berguna.  Fitur yang saat ini menjadi sangat tren di kalangan pengguna media sosial adalah fitur ‘stories’. Sebagai salah satu contoh Snapchat sebagai aplikasi pertama yang menawarkan fitur ini , kini ada juga Instagram , Facebook, Whatsapp yang memiliki fitur serupa. Tidak mau ketinggalan dari kompetitornya Google juga turut untuk meramaikan dengan mengadopsi fitur tersebut dalam platform berbagi video miliknya yaitu Youtube.

Baru-baru ini dilansir berita bahwa YouTube sedang menguji fitur terbaru mereka yang disebut “Reels” Konsep yang hampir sama menyerupai dengan fitur ‘Stories’ yang sudah ada di media sosial yang telah di sebutkan di atas, namun Reels memiliki letak fitur yang tidak berada pada bagian paling atas aplikasi seperti instagram tapi hadir di kolom khusus pada laman akun pengguna dalam saluran pembuat konten.

Nantinya fitur Reels pada YouTube ini tetap dapat diakses 24 jam setelah diunggah dan dimasukan tautan video lain yang berduasi lebih panjang . Dan yang paling penting juga pengguna juga dapat  menambah musik,filter,gambar,hingga sticker dalam video yang mereka buat.

Fitur baru dari YouTube ini semakin menggenapi media sosial lainnya yang juga sudah terlebih dahulu menyediakan akses untuk memudahkan kita beraktualisasi diri. Namun bila dicermati,semakin beragamnya fitur media sosial membuat kita semakin tidak bisa terlepas dari duia maya. Banyak baik buruk ketika kita menggunakan media sosial. Bijaklah dan gunakan media sosial  sesuai porsi dan fungsi yang pas jangan terlalu sibuk dan terlalu kecanduan akan dunia maya , melakukan kejahatan atau hal yang dapat merugikan diri sendiri dalam menggunakan media sosial , dan mengabaikan prioritas dalam didunia nyata.

Ditulis oleh Revinda (Peserta Kelas Intensif di Pegasus Academy dari mahasiswa Vokasi Universitas Brawijaya Malang)

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar