Rabu, 12 September 2018

Mengenal Lebih Mendalam Logika Genetika Untuk Kecerdasan Buatan


Logika genetika ditilik dari namanya ada kecenderungan dengan bidang biologi tentang gen, yang berada didalam kromosom dan mengandung seluruh informasi atas makluk hidup. Namun sedikit berbeda dengan bidang tersebut, logika genetika yang dimaksud disini adalah salah satu metode yang memberikan solusi atas data yang acak.

Mengenal Lebih Mendalam Logika Genetika Untuk Kecerdasan Buatan
Di bahas dalam sebuah hangout yang dirilis oleh Pens Surabaya, di bahas bahwa logika genetika justru erat kaitannya dengan populasi atau data sampel yang bersifat acak. Dalam materi tersebut disuguhkan contoh data dalam sebuah pupulasi kucing yang sangat banyak dan pada tahap berikutnya semakin berkurang seiring waktu dan semakin berkurang hingga menyisakan kucing yang benar-benar kuat dan mampu menyesuaikan diri, inilah yang disebut penyusutan populasi karena selaksi alam. Gambar dari dunia nyata ini memberikan arah pemahaman yang mudah atas apa itu logika genetika.

Jika kasus di dunia nyata, melibatkan alam untuk proses seleksi. Maka untuk hal komputasi, logika lah yang berjalan dan menentukan atas itu. Dan tentunya untuk memberikan hasil. Logika genetika bekerja dari data sampel yang bersifat acak, tidak berurutan dan diarahkan untuk mencapai hasil terbaik. Hasil terbaik atau optimal inilah yang di sebut fitnes.

Dijelaskan secara gamblang, bahwa fitnes menjadi parameter tentang baik dan tidaknya, serta hasil mana yang optimal dan tidaknya atas sebuah hasil dari algoritma geneita yang diberlakukan. Hasil baik tersebut, kembali pada konsep adalah hasil “terkuat” dari individu yang lolos seleksi alam.

Sedangkan Wayan, dalam jurnalnya yang berjudul Optimasi Persediaan Baju Menggunakan Algoritma Genetika yang ditulis bersama Candra Aditya mengemukakan peranan logika genetika untuk sorting baju. Dengan harapan, output yang didapatkan adalah mendapatkan data baju mana yang paling laku dipasaran dan baju mana yang kurang laku, sehingga pemiliki toko mampu memberikan keputusan akan belanja baju yang laku lebih banyak, dan tentu memperbanyak stok atas produk tersebut. 

Ini adalah kabar baik bagi pelaku usaha, bahwa tidak lagi memperbanyak stok dari produk yang random, namun memiliki data dan dari data tersebut di oleh dengan logika genetika dan hasilnya tentu menghemat ruangan untuk stok dan arus barang menjadi lebih cepat dengan adanya keputusan, baju mana yang paling diminati pasar.
Mengenal Lebih Mendalam Logika Genetika Untuk Kecerdasan Buatan

Sifat logika genetika yang mampu mempresentasikan hasil dari data acak, sangat powerfull untuk kasus diatas. Dan tentunya bukan hanya baju, seluruh kasus yang memiliki data sampel acak mampu menemui solusi dengan pendekatan logika genetika. Anggap saja dari banyaknya sampel dari populasi siswa, maka mana siswa yang mendapat nilai terbaik di akhir semester, misalnya. Dan pada contoh kasus diatas, adalah salah satu contoh aplikasi logika genetika dalam ranah optimalisasi.

Selain daripada itu, logika genetika juga mampu dalam urusan pemilihan. Katakan saja dalam populasi sapi, mana yang akan menghasilkan susu paling banyak dan mana yang memiliki angka harapan hidup paling tinggi. Dari data sampel yang bersifat random, acak tersebut mampu diselesaikan dengan pendekatan logika genetika seperti analogi di dunia nyata tentang seleksi alam untuk mendapat individu terbaik. Inilah keuntungan logika genetika dari ranah sorting atau bisa disebut juga proses pencarian.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh ITS Surabaya. Dibahas mengenai beberapa komponen utama dalam logika genetika. Yang dapat kembali dijabarkan sebagai berikut :
1.         Teknik Pengkodean. Marilah kembali kita ambil logika dari dunia nyata tentang genetika. Dimana selalu berkaitan dengan kromosim yang didalamnya terdapat gen. Maka seperti itu pula struktur dari logika genetika. Ada kromosom maka didalamnyapun ada bagian lagi. Anggap saja kromosom adalah perintah yang perlu dijalankan, misalnya perintah membuat antrian bilangan, maka gen atau bagian didalamnya adalah variabel yang menyusunya dari sebuah tipe data. Misalnya bagian bialngan bulat atau integer,
2.         Populasi Awal. Ambil contoh dari topik yang dibahas pada jurnal diatas yaitu tentang baju. Dalam hal ini baju yang merupakan data awal bisa diindentifikasi sebagai populasi awal. Dimana datanya masih bersifat komplek dan tentu sangat acak. Dari satu baju saja sudah ada berbagai macam identitas, yaitu warna, ukuran, atasan/ bawahan, suplier dll. Dalam aplikasi logika genetika data awal yang bersifat acak ini memang sangat dibutuhkan, toh kalaupuan data awal/ populasi awal berlum bersifat acak, maka dapat diacak salah satuya dengan metode random generator,
3.         Seleksi. Berbicara tentang seleksi maka selalu berbicara juga tentang proses pemilihan. Pada tahap ini adalah proses memilih individu dari data acak, untuk proses berikutnya. Proses berikutnya pun ada beberapa macam, tergantung pada kebutuhan. Bahkan ada juga proses seleksi ini menjadi data akhir atau final, namun juga bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu :
4.         Pindah silang. Hasil dari individu yang terpilih dari proses sebelumnya, akan dipertemukan dengan individu dari proses lain yang bisa saja metodenya sama maupun berbeda. Dari dua individu tersebut akan diberlakukan artimatika baru untuk menghasilkan hasil baru, atau individu baru dan diharapkan dengan proses ini didapatkan hasil terbaik atau individu terbaik,



Sumber :
Bahan Kuliah : entin.lecturer.pens.ac.id/.../Buku/Bab%207%20Algoritma%20Genetika.pdf
Bahan Kuliah : http://www.firman-its.com/2007/05/17/algoritma-genetika-dan-contoh-aplikasinya/
Jurnal : OPTIMASI PERSEDIAAN BAJU MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA
Candra Aditya1), Wayan Firdaus Mahmudy2)






0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar